Kuliner

Tumbangkan Jerman, Ternyata Tim Korsel Punya Menu Khusus

Jumat, 29 Juni 2018 - 01:20 | 94.78k
Menu Menu Khusus Tim Korsel. (Foto-Foto: iStock)
Menu Menu Khusus Tim Korsel. (Foto-Foto: iStock)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kemenangan tim Korsel atas Jerman membuat kaget banyak orang. Bagaimana tidak, tim yang awalnya tak diunggulkan itu mampu menumbangkan juara Piala Dunia 2014. Selain strategi tempur, tim Korsel juga punya menu khusus selama ajang Piala Dunia 2018.

Untuk meningkatkan stamina, tentunya dibutuhkan nutrisi yang tepat. Nah tim Korsel selalu mengkonsumsi makanan tradisional Korea yang memang dikenal tinggi nutrisi.

Dikutip dari nbcsandiego berikut makanan khas Korea yang disantap oleh para atlet:

1. Potongan daging sapi

Daging-iStock.jpg

Daging panggang menjadi salah satu pilihan populer dari makanan Korea. Menurut International Olympic Committee's Nutrition Working Group daging merah tanpa lemak merupakan sumber protein untuk membangun dan memperbaiki otot. 

Biasanya para atlet menikmati potongan daging tanpa dimarinasi untuk mengurangi kandungan lemak, gula dan sodium yang tersembunyi dalam saus.

2. Bulgogi 

daging.jpg

Bulgogi terbuat dari daging sapi jenis sirloin yang dipotong. Ini adalah masakan favorit masyarakat Korea. Dalam proses pembuatannya, bulgogi bisa dikukus dan dimakan dengan nasi atau ditumis dengan mie atau pun dipanggang dan disantap dengan selada Korea yang disebut dengan ssambap. Bulgogi yang tidak mengandung garam mengandung sekitar 8,5 gram protein per sekitar 30 gram.

Makanan merupakan makanan tradisional Korea. Asinan sayur ini dihasilkan dari proses fermentasi yang diberi bumbu pedas. Dalam proses pembuatannya, sayuran digarami dan dicuci kemudian dicampur dengan bumbu yang dibuat dari kecap ikan, bawang putih, jahe hingga bubuk cabai merah.

3. Kimchi 

Asinan.jpg

Makanan ini mengandung banyak kalium, vitamin A, vitamin K dan strain bakteri lactobacillus yang ditemukan juga dalam yogurt, keju dan kefir.

4. Banchan

Lauk-pauk.jpg

Lauk pauk sampingan dalam tradisi kuliner Korea. Aneka ragam banchan biasanya disajikan di atas piring-piring kecil. Ada puluhan banchan yang berbeda dan dapat dinikmati bersama dengan makanan tradisional Korea, termasuk kimchi, ikan bakar yang rendah kolesterol dan selada air kukus yang tinggi akan vitamin A.

5. Makarel 

Makarel.jpg

Makarel panggang dan berbumbu atau disebut dengan Saengseon-Gui ialah sumber protein yang baik. Per 30 gram makarel mengandung protein sekitar 6.76 gram. Selain itu, makarel juga mengandung vitamin A dan B. Olahan makarel yang paling baik hanya ditambah bumbu alami tanpa garam. Karena garam mengandung natrium.

6. Japchae

Japchae.jpg

Hidangan mie tradisional asal Korea Selatan yang gurih. Mienya terbuat dari tepung kentang yang digoreng dengan irisan selada air, daun bawang, wortel, paprika dan telur goreng. Tepung kentang adalah alternatif bebas gluten yang dibuat dari olahan gandum. Japchae mengandung sumber pottasium.

7. Sup ayam ginseng

Sub-Ayam.jpg

Makanan khas Korea ini adalah salah satu makanan yang menyehatkan. Sup ini dibuat dari ayam muda utuh yang direbus dengan api kecil selama 2-3 jam hingga empuk. Dicampur dengan ginseng, semangkuk samgyetang ini dapat menghangatkan badan sekaligus bisa meningkatkan sistem imunitas dan mempercepat proses penyembuhan ketika sedang flu.

8. Kimbap

sudhi.jpg

Bentuknya mirip seperti sushi. Kimbap jadi alternatif makanan sehat pengganti camilan yang digoreng atau diproses. Satu gulung kimbap biasanya mengandung lobak yang difermentasi, wortel, selada air, telur dan daging suwir. Sehingga tak hanya mengandung protein tapi juga rendah lemak namun tinggi vitamin dan mineral.

Nah mau stamina terus oke? Boleh di coba tuh menu tim Korsel di ajang Piala Dunia 2018(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES