Ekonomi

Nilai Tukar Rupiah Melemah Rp 14.207 pada Kamis Pagi

Kamis, 28 Juni 2018 - 12:46 | 37.07k
ILUSTRASI. (FOTO: Istimewa)
ILUSTRASI. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTANilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta kembali melemah pada Kamis pagi (28/6/2018). Rupiah melemah sebesar 28 poin menjadi Rp 14.207 dibanding posisi sebelumnya Rp 14.179 per dolar AS.

"Belum beranjaknya sentimen yang sama dari sebelumnya terkait dengan potensi terjadinya perang dagang antara AS dan Tiongkok, membuat laju pergerakan Rupiah terimbas pergerakan valas global," kata Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta, Kamis (28/6/2018) seperti dilansir Antara.

Menurut Reza, pelaku pasar juga beralih ke mata uang safe haven, terutama Yen Jepang menyusul kekhawatiran terjadinya perang dagang AS-Tiongkok yang dinilai akan menganggu volatilitas Dolar AS dan Yuan Renminbi.

Untuk faktor di dalam negeri, Reza menilai pernyataan kontradiktif antara Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Menkeu Sri Mulyani soal pertumbuhan ekonomi kuartal kedua, turut menahan laju Rupiah.

Menko Darmin menilai pertumbuhan ekonomi kuartal dua 2018 tidak akan mencapai 5,2 persen. Sementara Menkeu Sri Mulyani menyampaikan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal kedua dapat mencapai 5,2 persen lebih baik dari periode kuartal pertama sebesar 5,06 persen.

Pergerakan Rupiah sendiri diperkirakan masih cenderung bergerak sideways cenderung melemah seiring masih minimnya sentimen dari dalam negeri yang dapat mengangkat Rupiah.

Di sisi lain, meningkatnya minat pelaku pasar terhadap mata uang safe haven selain Dolar AS untuk mengantisipasi masih adanya sentimen perang dagang AS-Tiongkok, dikhawatirkan dapat membuat Rupiah kembali melemah. Adapun nilai tukar Rupiah diestimasikan akan bergerak dengan kisaran support Rp 14.180 per dolar AS dan resisten Rp 14.166 per dolar AS. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES