Pendidikan

Jenius! Mahasiswa UMM Ciptakan Mesin Cuci Gowes Tanpa Listrik

Selasa, 26 Juni 2018 - 11:35 | 129.07k
Mesin Cuci Gowes karya mahasiswa UMM. (FOTO: Humas UMM)
Mesin Cuci Gowes karya mahasiswa UMM. (FOTO: Humas UMM)

TIMESINDONESIA, MALANG – Sebuah karya inovatif dihasilkan sekelompok mahasiswa Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Mereka menciptakan menciptakan Mesin Cuci Gowes.

Sesuai namanya, mesin cuci ini tidak digerakkan dengan listrik. Namun dengan tenaga manusia. Caranya dikayuh layaknya mengayuh sepeda.

Mesin ini dibuat dengan manfaatkan beberapa bagian rangka yang dirangkai dengan semacam gir untuk memutar bagian dalam mesin cuci. Mengandalkan kaki untuk menggowes sepeda, alat ini cukup mudah digunakan. 

Dikutip dari situs resmi UMM, butuh waktu pengerjaan sekitar tiga bulan dalam membuat mesik ini. 

“Kedepannya kami ingin membuat mesin cuci gowes yang lebih baik dan lebih baik lagi," tutur Arfian Sinatrya Darussalam, perwakilan tim pembuat Mesin Cuci Gowes.

Saat ini mesin cuci gowes masih di pakai secara pribadi oleh Arvian dan teman-temannya di kos. Setelah unjuk gigi di gelar produk universitas, mesin ini akan di ikutkan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa). Mereka pun berharap kelak mesin ini dapat dikomersilkan. 

Arfian menambahkan, ia dan delapan kawannya manfaatkan mesin cuci rusak yang sudah tidak dipakai lagi lalu menggabungkannya dengan sepeda. Mesin Cuci Gowes karya mahasiswa UMM,  memberikan solusi khususnya bagi ibu rumah tangga untuk memudahkan mencuci baju dengan  biaya yang relatif murah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Humas UMM

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES