Peristiwa - Daerah

Resmikan Koramil Perbatasan RI-Malaysia, Ini Pesan Danrem 091 ASN

Resmikan Koramil Perbatasan RI-Malaysia, Ini Pesan Danrem 091 ASN Danrem 091/ASN Brigjen TNI Irham Waroihan, saat menyampaikan amanatnya di depan anggota Kodim 0911/Nunukan dan Koramil 0911-08/Nusa, Kamis (22/2/2018). (FOTO: Korem 091 ASN For TIMES Indonesia)
Jum'at, 23 Februari 2018 - 22:28

TIMESINDONESIA, BONTANG – Dengan Diresmikannya Komando Rayon Militer (Koramil) 0911-08/Nunukan Selatan (Nusa) di Kelurahan Mansapa Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, menjadikan Koramil Nusa sebagai komando kewilayahan terdepan di perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Malaysia. 

Keberadaan Koramil Nusa ini sekaligus memperkuat wilayah Nunukan yang notabene sebagai salah satu pintu gerbang pertahanan di wilayah utara NKRI.

Untuk itu, tugas ke depan tidaklah mudah bagi satuan TNI ini. Seperti yang diungkapkan oleh Komandan Komando Resor Militer (Danrem) 091/Aji Surya Natakesuma (ASN), Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Irham Waroihan, saat peresmian Koramil Nusa, Kamis (22/2/2018).

Danrem-091-ASN-Brigjen-TNI-Irham-Waroihan-A.jpg

Danrem menyampaikan beberapa amanat kepada anggotanya, baik itu di Koramil 0911-08/Nusa maupun Kodim 0911/Nunukan.

Dalam amanatnya tersebut, Jenderal bintang satu ini menjelaskan bahwa Koramil merupakan komando kewilayahan terdepan, yang bertugas melaksanakan pembinaan potensi wilayah dengan segenap aspeknya yang menjadikan wilayah sebagai ruang dan alat pertahanan negara.

"Hal ini akan dapat terwujud, apabila anggota Koramil, khususnya Babinsa, yang merupakan ujung tombak satuan kewilayahan, memiliki kondisi mental dan motivasi juang yang tangguh serta profesionalisme yang dapat diandalkan," jelas Danrem dalam amanatnya.

Dia berpesan pada anggotanya, agar menyadari bahwa tantangan tugas satuan kewilayahan itu sangatlah kompleks. Serta menuntut penanganan yang cermat, cerdas, responsif, akomodatif, lintas institusi, transparan dan berpayung hukum.

Danrem-091-ASN-Brigjen-TNI-Irham-Waroihan-B.jpg

Oleh karena itu, lanjutnya, tugas-tugas pembinaan kewilayahan berada di pundak sebagian aparat Koramil, dalam hal ini Babinsa. Babinsa bertanggung jawab untuk membina masyarakat, agar mereka memiliki kesadaran yang tinggi dalam upaya bela negara.

Irham mengingatkan, sehingga sangat diperlukan untuk selalu melakukan pembinaan personel secara terus-menerus dan berkelanjutan. Agar nantinya, setiap personel kewilayahan memiliki tingkat kesiapan dan kemampuan yang tinggi, guna membantu tugas Kepolisian dan Pemerintah Daerah. 

Hal tersebut merupakan bagian dari tugas operasi militer selain perang sebagaimana yang tercantum dalam Pasal 7 UU nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, tuturnya.

Koramil Nusa yang baru terbentuk ini merupakan wilayah dari Kodim 0911/Nunukan, yang berada dalam naungan Korem 091/ASN dan di wilayah Kodam VI/Mulawarman. (*)

Jurnalis : Andry Subandono
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration