Peristiwa

Peringati Bulan K3, Pupuk Kaltim Gelar “Fire and Rescue Competition”

Minggu, 04 Februari 2018 - 17:04 | 139.14k
Dari Kiri, Manager Humas PKT, Wahyudi, Direktur Komersil PT Pupuk Kaltim, Gatoet Gembiro Nugroho(dua dari kanan), Ketua panitia Lomba Fire and Rescue, Thatit Surya arjanggi dan Staf K3 LH, Agus jaya,Minggu 4/2/2018. (FOTO: Kusnadi/Bontang TIMES)
Dari Kiri, Manager Humas PKT, Wahyudi, Direktur Komersil PT Pupuk Kaltim, Gatoet Gembiro Nugroho(dua dari kanan), Ketua panitia Lomba Fire and Rescue, Thatit Surya arjanggi dan Staf K3 LH, Agus jaya,Minggu 4/2/2018. (FOTO: Kusnadi/Bontang TIMES)

TIMESINDONESIA, BONTANG – Tak biasanya, halaman parkir Gedung Olahraga (GOR) PT Pupuk Kaltim Minggu, (4/2/2018) pagi ramai dengan orang-orang berseragam kuning. Tampak ratusan karyawan PT Pupuk Kaltim bersama keluarga menyesaki tenda yang telah disiapkan panitia.

Rupanya mereka akan mengikuti “Fire and Rescue Competition” antar kompartemen di lingkungan perusahaan PT Pupuk Kaltim.

Lomba yang digelar dalam rangka bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja tahun 2018 ini berupa Lomba estafet  Pemadam Kebakaran dan P3K.

K3-2.jpg

Dengan menyiapkan tim sebanyak 6 orang, setiap tim harus melewati tahapan lomba seperti,  menyiapkan yel yel, menggiring alat pemadam dengan cara zig zag melewati rintangan yang disiapkan,  kemudian mengangkat ban mobil berukuran besar hingga sampai di titik finish.

Tidak berhenti sampai disitu,  peserta diwajibkan memadamkan api dengan alat pemadam api ringan (Apar), kemudian dua orang peserta diminta untuk mematikan api dengan menggunakan semprot air yang telah disiapkan.

Staf Departemen K3 LH, Agus Jaya menjelaskan bahwa lomba tersebut akan dinilai dari kecepatan waktu hingga semangat tim.

K3-4.jpg

“Kami akan menilai setiap tim dari teknik memadamkan api, kerjasama tim, kelompokan, pencapaian waktu hingga semangatnya,“ ujarnya.

Kepada media Bontang TIMES, Ketua Panitia Kegiatan lomba, Tathit Surya Arjanggi juga mengungkapkan sebanyak 17 grup yang ambil bagian dalam lomba ini. Setiap grup adalah perwakilan kompartemen masing masing.

“Sebanyak 17 grup yang mengikuti lomba ini, mereka mewakili kompartemen masing masing yang ada,“ ungkapnya.

K3-3.jpg

Sementara itu Direktur Komersil PT Pupuk Kaltim, Gatoet Gembiro Nugroho menyampaikan kegiatan ini sangat penting bagi karyawan PT  Pupuk Kaltim untuk meningkatkan kewaspadaan karyawan dalam bekerja.

“Manajemen ingin karyawan bekerja dengan tenang, tenang berarti terjamin keselamatannya, hal ini bagian dari partisipasi aktif kita dalam menjamin keselamatan dan kesehatan kerja ada dalam ruang lingkup kita,“ jelasnya.

Gatoet menambahkan yang terpenting dalam setiap lomba dan kegiatan dalam bulan K3 adalah semangat dan keselamatan menjadi budaya bukan hanya sekedar lomba.

Sebagai informasi, berbagai kegiatan akan digelar dalam memperingati bulan K3. Sebelumnya telah digelar lomba lintas alam yang melibatkan seluruh karyawan dan manajemen PT Pupuk Kaltim. Akan ada 14 event yang akan digelar dalam rangka bulan keselamatan dan kesehatan kerja ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES