Peristiwa Daerah

Pembangunan Jalan Makadam di Lokasi TMND Terus Dikebut

Rabu, 18 April 2018 - 13:20 | 42.42k
Satgas  TMMD bersama warga bahu membahu dalam membangun jalan makadam (FOTO: ajp.TIMES Indonesia)
Satgas TMMD bersama warga bahu membahu dalam membangun jalan makadam (FOTO: ajp.TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PURBALINGGAPembangunan jalan setapak di Desa Karangjambu Kecamatan Karangjambu melalui TMMD Reguler 101 Kodim 0702 Purbalingga sudah mulai mengubah wajah jalan tersebut. Jalan setapak diubah selebar 7 meter dengan pengerasan sepanjang 1.975 meter menggunakan batu gunung dan pasir.

Kondisi awal, jalan hanya teruntuk pejalan kaki warga yang mencari rumput untuk pakan ternaknya. Nantinya, jalan sudah dapat dilewati oleh kendaraan baik roda dua maupun empat.

Sampai sekarang, proses perampungan terus dikebut dengan memaksimalkan bantuan dua alat berat dari DPU Kabupaten Purbalingga. 

Jalan selebar 7 meter tersebut juga disertai pembangunan parit atau saluran irigasi serta 4 unit gorong-gorong sebagai penunjangnya. Hal ini dilakukan agar aliran air hujan dapat tersalurkan melalui parit tanpa terlalu lama menggenangi badan jalan.

Terlihat Satgas TMMD dan warga masih melanjutkan penggalian parit. Dalam proses penggalian terkadang menemui beberapa kendala, yang salah satunya adalah adanya batu gunung yang besar yang harus disingkirkan.

Kendala ini tidak membuat Satgas dan warga patah arang, dengan bekerjasama dan menggunakan peralatan seadanya seperti kayu maupun cangkul, mendongkel batu tersebut. Kerjasama inilah yang membuat setiap pekerjaan akan mudah dan berhasil cepat.

Dengan adanya parit, diharapkan jalan akan lebih awet sampai beberapa tahun ke depan sampai ada program dari pemerintah daerah untuk pengaspalan jalan.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-3 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES