Indonesia Positif

Wajah Baru Kali Laban Setelah Dinormalisasi Melalui TMMD

Senin, 16 April 2018 - 12:18 | 82.18k
Normalisasi Kali Laban. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Normalisasi Kali Laban. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PURBALINGGA – Kali Laban adalah sungai yang mengalir di pinggiran Desa Karangjambu Kecamatan Karangjambu memiliki peran yanh amat vital. Sungai itu menghidupi warga Karangjambu Purbalingga.

Melalui instruksi dari pemerintah daerah dan anggaran normalisasi desa serta jajaran TNI yang sedang melaksanakan TMMD di desa tersebut, sungai ini dinormalisasi. 

Sebelumnya normalisasi telah dilakukan dalam beberapa hari belakangan oleh 1 unit excavator bantuan dari Dinas PU Kabupaten Purbalingga. Sedangkan tugas utama alat tersebut adalah membantu Satgas dan warga dalam merampungkan jalan Makadam TMMD sepanjang 1.975 meter dan lebar 7-9 meter.

Normalisasi ini juga tidak terlepas dari kepentingan pencarian material tambahan guna mengurug jalan TMMD berupa batu kali dan pasir di sungai tersebut.

Kades Karangjambu, Warsito S.Ag juga menyempatkan diri mengecek langsung normalisasi yang dilakukan alat tersebut dengan didampingi pengawas lapangan TMMD Reguler 101 Kodim Purbalingga, Serka Widyo.

Wajah baru Kali Laban yang mulai dalam dan bersih akan aliran air sungai menjadi lancar serta meumbuhkan ikan untuk menetap dan berkembang biak di Kali Laban. Inilah manfaat lain dari gelaran TMMD, melalui normalisasi sungai dalam pencarian bahan baku Makadam, selain itu kegiatan ini juga menjadi pemandangan tersendiri bagi anak-anak warga Karangjambu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES