Senin, 22 Oktober 2018
Peristiwa - Daerah TMMD Reguler Ke-101 Kodim Purbalingga

Camat Baru Siap Suksesi TMMD Reg 101 Karangjambu

Camat Baru Siap Suksesi TMMD Reg 101 Karangjambu Camat Baru Karangjambu Bapak Bangun Irianto, S.Pd Siap Lanjutkan Suksesi TMMD Reg 101 Karangjambu (FOTO: AJP. TIMES Indonesia)
Selasa, 10 April 2018 - 09:24

TIMESINDONESIA, PURBALINGGA – Mengawali masa tugas di Kecamatan Karangjambu Kabupaten Purbalingga, Camat baru Bangun Irianto, S.Pd yang menggantikan pejabat lama Joko Pribowo, S.Sos, langsung mengawali gebrakan untuk ambil bagian dalam mensukseskan pembangunan di wilayahnya melalui TMMD Reguler ke-101 Kodim 0702/Purbalingga tahun 2018.

Bangun Irianto, mengunjungi Posko TMMD Reguler Kodim 0702/Purbalingga sekaligus menyambut kunjungan kerja Wasev dari Sterrem 071/Wijaya Kusuma yang diketaui oleh Letkol Inf. Sapto Broto, SE, Selasa (10/4/2018).

Camat baru tersebut melihat dari dekat kesiapan administrasi Satgas TMMD terhadap hajatan pembangunan di wilayahnya, Desa Karangjambu.

“Saya tinjau wilayah yang menjadi tempat pengabdian saya yang baru, terutama Desa Karangjambu yang sedang dibangun TNI melalui TMMD Reguler,” ucapnya.

“Saya akan beradaptasi dan bergerak cepat serta memberikan dukungan penuh termasuk terobosan-terobosan demi peningkatan kualitas fisik TMMD di dalam program, semua demi kemaslahatan dan kesejahteraan warga saya,” beber Bangun.

Bangun mengatakan, keadaan Karangjambu yang berkelok dan berbukit serta jarak antara desa dan pusat kecamatan yang jauh membuat masyarakat masih merasa kesulitan mendapatkan akses pelayanan yang prima. Dia juga menyampaikan, transportasi umum masih menjadi kendala masyarakat di kecamatannya untuk sampai di pusat pelayanan.

Perlu diketahui bersama, masyarakat Desa Danasari menggunakan ojek menuju kecamatan dengan membayar Rp. 50.000. Untuk itulah jemput bola pelayanan publik terutama kependudukan dilaksanakan seminggu sekali oleh petugas kecamatan ke Desa-Desa yang ada di Kecamatan Karangjambu.

Hal itulah yang memotivasi pemerintah daerah untuk melakukan pembangunan infrastuktur di wilayah Kecamatan Karangjambu.

Kecamatan Karangjambu menjadi salah satu kecamatan penyumbang angka kemiskinan tertinggi di Kabupaten Purbalingga. Namun dengan adanya program-program pembanguan yang akan segera dilaksanakan Bupati dan sedang dilaksanakan melalui TMMD Reguler 101 Kodim 0702 Purbalingga, yang meliputi sasaran utama pengerasan jalan sepanjang 1.975 meter lebar 7-9 meter.

Sasaran lain TMMD antara lain pembangunan 3 unit gorong-gorong dengan lebar 0,40 meter dan panjang membelah jalan 7 meter (2 unit) dan 1 unit lagi gorong-gorong dengan lebar 0,60 meter dengan panjang membelah jalan 7 meter.

Pembangunan talud panjang 30 meter dengan tinggi bervareasi, ketinggian maksimal 2 meter. Untuk rehab RTLH warga Desa Karangjambu adalah 4 unit, 1 unit adalah penambahan berupa over prestasi rehab RTLH dalam TMMD kali ini (Milik Tikno, 44 tahun warga Desa Karangjambu, yang rumahnya terkena pelebaran jalan).

Over prestasi rehab RTLH sudah sampai dalam tahap pembuatan kerangka atap rumah. Sedangkan pembangunan pagar SMP N 1 Karangjambu sepanjang 25 meter dan tinggi 2 meter hingga kini masih dalam tahap pengerjaan.

Lebih lanjut, di daerah pinggiran, kemiskinan perlahan mulai terkurangi dengan program pembagian Rasbangga gratis serta rehab RTLH telah mampu menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Purbalingga. Pembagian Rasbangga juga dilaksanakan dalam pembukaan TMMD Reguler kemarin (4/4/2018) sebanyak 718 bungkus dengan besaran 5 kg/bungkusnya.

Puskesmas Karangjambu juga telah dengan menelan biaya anggaran sebesar 6 miliar dan telah siap digunakan pada 5 Februari 2018. Dengan peningkatan layanan seperti kesehatan, akan lebih meningkatkan kesehatan warga, warga lebih mudah berobat tanpa harus menuju pusat kota sehingga tindakan pertama kepada pasien cepat tertangani.

Mantan pejabat lama, Joko Pribowo, S. Sos juga mengatakan bahwa “Program Bupati akan membangun dan memperkuat jalan Karangjambu-Ponjen Kecamatan Karanganyar dengan pengaspalan jalan sepanjang 2 km dalam waktu dekat.

Bupati bertekad menyambungkan akses jalan antar kecamatan agar distribusi maupun akses lainnya bisa mudah tertuju.

Akses ini jalan Karangjambu-Ponjen akan menjadi akses vital dua kecamatan sehingga, sehingga warga tidak perlu memutar jalan Bobotsari-Karangreja Kecamatan Karanganyar, akan tetapi bisa langsung terhubung ke Karanganyar melewati Kecamatan Karangjambu.(*)

Jurnalis : Ragil Wahyu (CR-100)
Editor : AJP-3 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration