Selasa, 21 Agustus 2018
Ketahanan Informasi Ketahanan Informasi Desa

Reboisasi Jadi Target Satgas TMMD Bantu Warga Hijaukan Karangjambu

Reboisasi Jadi Target Satgas TMMD Bantu Warga Hijaukan Karangjambu Warga dan satgas TMMD Reg 101 Purbalingga bahu membahu melaksanakan penghijaun di sekitar lokasi sasarn TMMD (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Senin, 09 April 2018 - 10:34

TIMESINDONESIA, PURBALINGGA – Pembukaan jalan baru sepanjang 1.975 di Desa Karangjambu Kecamatan Karangjambu Kabupaten Purbalingga, yang semula jalan setapak yang terjal dan licin menuju perkebunan warga melalui TMMD Reguler 101 Kodim 0702 Purbalingga tentunya merusak beberapa ekosistem di daerah pegungungan tersebut. 

Jalan selebar 7-9 meter tentunya banyak memakan korban pepohonan, untuk itulah Satgas TMMD bersama warga melaksanakan reboisasi di beberapa titik tebing maupun jurang dengan 1000 bibit pohon bantuan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Propinsi Jateng yang diserahkan simbolis oleh Plt. Gubernur Jateng, Heru Sudjatmoko saat upacara buka TMMD, Rabu (4/4/2018).   

Warga dan Satgas menanam bibit sengon, salam, Kendal, sirsak, jambu biji, alpukat dan bibit kluwak di pinggir jalan Makadam TMMD, hasil bantuan Pemprov tersebut. Sahirun, Ketua Rt. 02 Rw. 01 bersama satgas TMMD terlihat menanam pohon albasia di lokasi Makadam yang ditujukan sebagai tanaman penahan tanah tebing.

“Penanaman ini dimaksudkan sebagai penghijauan ulang setelah pegunungan dibuat jalan tembus selebar 7 sampai 9 meleter dengan panjang 1.975 meter. Manfaat kedepan adalah, dengan penanaman pohon di sepanjang jalan TMMD, diharapkan nanti pohon-pohon ini akan multi fungsi. Fungsi pertama pohon adalah sebagai talut alami atau penahan tanah karena pohon menyerap air hujan, sedangkan fungsi kedua adalah untuk meningkatkan pendapatan warga setempat akan buah-buahan,” beber Pasiterdim 0702/Purbalingga, Kapten Inf. Ismartono.

Reboisasi ini adalah merupakan sasaran non fisik TMMD, dengan penghijauan di beberapa titik rawan longsor diharapkan meminimalisir efek dari pembanguan Makadam tersebut.

Kegiatan yang dilakukan oleh TNI Satgas TMMD ini mendapatkan respon yang sangat baik dari warga, usaha reboisasi ini untuk menjaga kelestarian lingkungan nabati maupun kelestarian hewani serta menumbuhkan rasa kesadaran, kebersamaan dan kekompakan warga akan pentingnya arti bahwa manusia membutuhkan alam, sehingga alam tidak marah dengan manusia, maka jaga kelestarian dan keindahan lingkungan sekitar. (*)

Jurnalis : Ragil Wahyu (CR-100)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration