Peristiwa

Kwarcab Purbalingga: Pramuka Harus Menerapkan Prinsip Berorganisasi

Rabu, 27 Desember 2017 - 20:11 | 87.03k
Doriyanto SPd, pelatih Pramuka Kwarcab Purbalingga sedang mengisi materi tentang Sistem Admimistrasi Kwartir, Rabu (27/12/2017) (FOTO: Ginanjar For Purbalingga TIMES)
Doriyanto SPd, pelatih Pramuka Kwarcab Purbalingga sedang mengisi materi tentang Sistem Admimistrasi Kwartir, Rabu (27/12/2017) (FOTO: Ginanjar For Purbalingga TIMES)

TIMESINDONESIA, PURBALINGGA – Seluruh Kwartir Ranting yang ada di Purbalingga diharapkan mampu menerapkan manajemen administrasi, manajemen kegiatan, manajemen sumber daya manusia dengan lebih baik setelah mengikuti kursus Kursus Pengelolaan Kwartir.

“Dan juga bisa benar-benar menerapkan prinsip POAC. Yaitu Planning, Organizing atau pengorganisasian, Actuating dan Controlling,”.

Demikian pernyataan Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Purbalingga Trisnanto Srihutomo, BE SPd, saat membuka acara Kursus Pengelolaan Kwartir bagi Kwartir Ranting se-Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah di Sanggar Bhakti Pramuka Purbalingga, Rabu (27/12/2017).

Dalam kegiatan yang diikuti Ketua dan Sekretaris Kwartir Ranting itu, Trisnanto juga menegaskan agar pengelola organisasi Pramuka bisa menerapkan prinsip berorganisasi .

Sementara itu Pimpinan Kursus, Bijuri HAS, mengatakan kegiatan ini sebagai upaya peningkatan kualitas dan mutu organisasi Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Purbalingga.

Menurutnya, untuk menciptakan organisasi yang lebih bermutu. Maka Kwartir Cabang Purbalingga memberikan materi mengenai Organisasi dan Tata Kelola (OTK) Kwartir Ranting, Sistem administrasi Kwartir (Sismintir), Tugas Pokok Fungsi Pengurus/Andalan sesuai AD/ART dan Petunjuk Penyelenggaraan Gerakan Pramuka.

Dan materi-materi tersebut disampaikan oleh pelatih Pramuka dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklatcab) Purbalingga. Yaitu Bijuri HAS, Anar Wahyono SPd, Doriyanto SPd.

“Selain sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan mutu organisasi. Kegiatan ini juga bertujuan sebagai wadah pembinaan dari Kwartir Cabang ke Kwartir Ranting. Dan metode untuk meningkatkan kemampuan manajemen kegiatan, yang nantinya harus dimiliki oleh Ketua beserta pengurus Kwartir Ranting,” katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES