Kesehatan

Tips untuk Pecinta Durian, Ini Cara Sehat Makan Durian

Sabtu, 23 Juni 2018 - 01:24 | 386.91k
Makan durian. (FOTO: Youtube)
Makan durian. (FOTO: Youtube)

TIMESINDONESIA, JAKARTABuah durian sering dianggap sebagai buah yang tidak sehat. Namun demikian, masih banyak yang gemar makan durian. Sebenarnya durian memiliki banyak kandungan gizi yang juga bermanfaat untuk kesehatan, lho. Diantaranya vitamin C, serat, mineral dan fitonutrien, serta memiliki kandungan antioksidan. Agar tak berisiko tinggi, berikut tips sehat mengonsumsi durian seperti yang dilansir dari Dokter Sehat.

1.    Perhatikan Kematangan Buah

Memilih buah durian yang terlalu matang, dengan tekstur yang sangat lembut hingga dapat dicolek dengan jari merupakan pemilihan buah durian yang kurang tepat. Hal tersebut menunjukkan kandungan gula yang tinggi karena buah durian sudah terlalu matang. Selain itu, utamakan buah durian segar, bukan buah durian yang diolah melalui proses fermentasi agar kandungan alkohol pada buah durian tidak tinggi.

2.    Selalu Kontrol Porsi Buah

Buah durian merupakan buah yang cenderung musiman di beberapa daerah. Hal ini berisiko membuat kita berlebihan mengonsumsi buah durian ketika musimnya tiba.

Kondisi inilah yang menyebabkan konsumsi buah durian kerap berlebihan dan menyebabkan asupan gula yang berlebihan.

3.    Konsumsi Buah Durian Bersamaan dengan Minum Air Putih

Air putih bisa menekan nafsu makan sehingga Anda bisa lebih mengontrol porsi konsumsi buah durian. Selain itu, air putih bisa mendukung pencernaan lebih lancar. Hal ini akan membuat metabolisme tubuh lebih optimal setelah mengonsumsi durian.

Itulah tips sehat mengonsumsi durian. Kini Anda bisa tetap menikmati buah durian tanpa harus mengkhawatirkan asupan gula yang berlebih dan saat makan durian. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES