Glutera News

6 Kesalahan Perawatan Kulit yang Sering Dilakukan

Sabtu, 23 Juni 2018 - 00:21 | 29.30k
(FOTO: Gluteranews)
(FOTO: Gluteranews)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPerawatan kulit membutuhkan usaha dan waktu yang tidak sedikit. Bagi wanita, perawatan kulit memang penting untuk mendapatkan kulit yang lembut dan sehat. Kulit bersih dan sehat bisa membuat penampilan lebih menarik. Tapi hati-hati saat merawat kulit. Banyak orang tidak menyadari melakukan kesalahan merawat kulit.

Merawat kulit tidak selalu mahal dan ribet, asalkan kamu sabar dalam menjalankan perawatan, pasti wajah kamu bisa terbebas dari segala komedo dan jerawat. Namun, jika kamu sudah melakukan perawatan wajah secara rutin, masalah jerawat masih saja muncul, berarti ada kesalahan yang kamu lakukan dalam merawat wajah kamu.

Berikut 6 kesalahan dasar yang sering dilakukan saat melakukan perawatan kulit.

1. Tidak Mencuci Wajah dengan Benar di Malam Hari
Kesalahan ini adalah kesalahan umum yang banyak orang lakukan karena terlalu lelah di malam hari, sehingga ketika membersihkan wajah menjadi tidak maksimal. Jika kamu tidak membersihkan wajah kamu, segala kotoran, minyak, bekas makeup, dan debu masih menempel pada wajah kamu dapat menyumbat pori-pori sehingga membuat wajah menjadi berjerawat.

2. Tidak Pernah Eksfoliasi
Beberapa orang memang bisa tetap memiliki kulit yang halus dan cerah tanpa perlu melakukan eksfoliasi. Namun, tanpa eksfoliasi kulit mati kamu akan tetap terjebak sehingga menutup pori-pori dan menyebabkan jerawat serta komedo. Jika kamu rajin melakukan eksfoliasi, komedo akan pergi dari wajahmu dan wajahmu akan lebih halus dengan warna yang lebih merata.

3. Terlalu Sering Eksfoliasi
Tidak pernah eksfoliasi bisa membuat pori-pori kamu tersumbat. Sebaliknya jika kamu terlalu sering eksfoliasi, dalam hal ini Chemical Peeling. Maka bisa membuat wajah kamu menjadi kering karena melakukan hal tersebut dengan sering bisa menghilangkan minyak alami pada wajah. Sebaiknya Chemical Peeling dilakukan 2 minggu sekali. 

4. Kurang Tidur
Hal yang jarang disadari oleh para wanita mengenai alasan wajahnya masih saja kusam meskipun sudah melakukan perawatan adalah karena kurangnya tidur di malam hari. Normalnya, kamu perlu tidur 8 jam dalam satu hari. Jika kurang dari itu, kulit akan kusam, mata akan menjadi sayu, dan timbul lingkar hitam. Hal lain yang membuat wajah menjadi kusam adalah kurangnya asupan kalori dan protein, serta kekurang nutrisi.

5. Berada di Bawah Terik Matahari Tanpa Perlindungan
Kebanyakan dari kita masih saja tidak menggunakan sunscreen ketika ke luar rumah, karena tanpa sunscreen kulit akan terkena sinar UVA dan UVB dari sinar matahari. Jadi, selalu gunakan sunscreen sebelum kamu menggunakan kosmetik agar kulit kamu tidak mengalami penuaan dini dan muncul flek-flek hitam pada wajah. 

6. Penggunaan Cream Wajah yang Berbahaya
Cantik “mengkilap” atau cantik “porselen“ sering dijadikan barometer wanita. Padahal menurut penelitian, rata-rtata hal tersebut terjadi karena penggunaan cream berbahan bahaya (merkuri dan hidroquinon). Cream tersebut juga sering tidak memiliki daftar registrasi di BPOM.

Nah, itulah kesalahan merawat kulit yang sering dilakukan. Jadi, jangan lagi melakukan kesalahan tersebut ya. Lakukan perawatan kulit yang aman agar Anda tidak mengalami risiko kerusakan kulit. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES