Peristiwa Daerah

Ada Banjir Bandang, Bupati Banyuwangi Langsung Turun dan Ambil Tindakan

Jumat, 22 Juni 2018 - 20:46 | 59.61k
Banjir bandang tumpahan material lumpur dan kayu dari lereng gunung Raung yang menerjang empat dusun di Desa Alas Malang, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi. (FOTO: Syamsul Arifin/ TIMES Indonesia)
Banjir bandang tumpahan material lumpur dan kayu dari lereng gunung Raung yang menerjang empat dusun di Desa Alas Malang, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi. (FOTO: Syamsul Arifin/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Respon cepat Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, pantas dijadikan contoh. Begitu mendapat laporan adanya banjir bandang, dia langsung turun ke lokasi dan mengambil tindakan cepat.

Banjir bandang yang membawa material lumpur dan kayu tumpahan dari Gunung Raung, tersebut menerjang empat Dusun di Desa Alas Malang, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi, Jumat (22/6/2018). Akibatnya sekitar 300 rumah terdampak dan 15 rumah rusak berat. Tidak ada laporan korban jiwa dari fenomena ini.

Jalu, warga setempat mengatakan, air mulai terlihat masuk ke kampung sekitar pukul 09.00 WIB. Lama kelamaan, disusul air bercampur lumpur. 

"Melihat air Sungai Badeng deras, warga bersiap-siap. Ternyata benar, air dari Sungai Badeng meluap dan membawa banyak lumpur," kata Jalu. 

Dusun terdampak adalah Dusun Gari, Bangunrejo, Karangrejo, dan Wonorejo. Limpahan air juga membuat akses jalan dari Banyuwangi menuju Jember melalui Gambor ditutup akibat jalan tertutup lumpur. 

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, memantau langsung penanganan pasca bencana. Berdasarkan penjelasan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), banjir diakibatkan gerakan tanah di lereng Gunung Raung sisi Banyuwangi, tepatnya kawasan Gunung Pendil akibat curah hujan tinggi.

Gunung Pendil adalah gunung yang muncul dari muntahan lahar Gunung Raung ratusan tahun silam, sehingga struktur tanahnya tidak terlalu solid. Gerakan tanah tersebut akhirnya mengakibatkan sejumlah material vulkanik Gunung Pendil yang mengendap ratusan tahun terangkat.

"Hujan deras yang mengguyur lereng Gunung Raung membuat endapan material vulkanik tersebut longsor. Akibatnya pohon-pohon yang ada di lereng Gunung Raung juga terseret banjir," kata Anas saat dilokasi. 

Anas menegaskan bahwa longsoran material ini bukan akibat hutan gundul. 

Hasil penelitian  PVBMG akhir Mei lalu membuktikan bahwa longsor di Raung akhir-akhir ini diakibatkan hujan dengan intensitas tinggi yang mengikis permukaan tanah di lereng gunung. Hutan di kawasan itu sendiri masih sangat lebat.

"Dari penelitian PVBMG bulan Mei lalu, areal longsor di hulu Sungai Badeng memang cukup luas. Longsor yang terjadi di kawasan Raung ini mencapai ketinggian 390 meter dengan lebar 40-50 meter. Jadi ini material vulkanik gunung yang terbawa air karena curah hujan tinggi," kata Anas. 

Saat di lokasi Anas memastikan agar warga yang terdampak segera mendapat penanganan. Sisa-sisa material yang menggenangi perumahan warga juga diminta segera dibersihkan oleh petugas BPBD. 

"Konstruksi jembatan yang menjadi lintasan sungai segera diubah. Kami juga akan mengajak warga yang berpotensi terdampak untuk lebih tanggap bencana," ungkap Anas. 

‎Dalam kejadian ini, Pemkab Banyuwangi langsung mengerahkan empat alat berat (eksavator) untuk membersihkan lumpur. Anas memerintahkan untuk menambah excavator agar proses pembersihan bisa lebih cepat. 

"Kami telah koordinasi dengan Kodim Banyuwangi untuk saling bantu lakukan pembersihan. ‎Eksavator dan truk-truk ditambah untuk mempercepat proses normalisasi pasir di rumah-rumah warga, jalan, dan jembatan. Terutama jembatan agar bisa segera digunakan," cetusnya.

Pemkab Banyuwangi juga langsung mendirikan dapur darurat untuk para korban terdampak. 

"Stok ‎beras dan makanan semua disiapkan untuk membantu warga yang terdampak. Dinas Kesehatan juga turun memeriksa kesehatan warga," jelas Bupati.

‎Selain itu, saluran tersier yang berpotensi mengganggu 500 hektare sawah juga dinormalisasi. Namun menurut Anas, untuk rumah yang rusak butuh proses karena membutuhkan waktu. 

"Badan Amil Zakat juga terlibat membantu warga," kata Anas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES