Politik

Survei LSI: Dhafir-Dayat Unggul di Pilkada Bondowoso

Jumat, 22 Juni 2018 - 18:53 | 117.77k
Kordinator LSI Jawa Timur Imam Fauzi Surahmat MAB Saat Menjelaskan Hasil Survei Pilkada Kabupaten Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Kordinator LSI Jawa Timur Imam Fauzi Surahmat MAB Saat Menjelaskan Hasil Survei Pilkada Kabupaten Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Lima hari jelang pemilihan bupati (Pilbup) Bondowoso, hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pimpinan Denny JA, menyatakan bahwa pasangan Dhafir-Dhayat unggul atas paslon Salwa-Bachtiar.

Dalam rilis survei, yang disampaikan langsung oleh peneliti LSI, Imam Fauzi Surahmat MAB, bahwa pasangan calon nomer urut dua tersebut memperoleh suara 54,3%, jauh mengungguli lawannya, yang hanya meperoleh 31,6%.

Sementara sisanya, 1,6% masih rahasia, dan 12,5% tidak menjawab atau belum memutuskan.

“Dari data ini, jika pemilihan dilaksanakan saat survei berlangsung, maka masyarakat memilih paslon Dhafir-Dayat. Bahkan suara rahasia dan yang belum menjawab ditambahkan ke paslon Salwa-Bachtiar, tetap saja Dhafir yang akan menang,” katanya, Jumat (22/6/2018).

Sementara survei yang dilakukan dari rentan waktu 31 Mei smapai 4 Juni ini, melibatkan 440 responden, yang tersebar di 23 kecamatan di kabupaten Bondowoso, dengan mennggunakan multistage random sampling, dan margin off error kurang lebih 4,8%.

“Tanpa mendahului proses demokrasi, meski survei itu dilakukan jauh sebelum pemungutan suara, tapi hasilnya nanti tidak akan jauh berbeda dari hasil survei, bahkah paslon Dhafir-Dayat cenderung mengalami kenaikan,” jelas Koordinator LSI Jawa Timur tersebut.

Dalam rilis yang dalaksanakan di hotel Ijen View tersebut, disebutkan Dahfir unggul dalam segala hal, mulai dari interaksi dengan masyarakat, dan tingkat pengetahuan masyarakat terhadap calon.

Sementara yang juga tak kalah penting dalam hal sifat, seperti kepintaran, paslon urut dua memperoleh 72,0%, sementara lawannya berada di angka 70,2%, dan kewibawaan jadi pemimpin, Dhafir-Dayat memperoleh 70,5%, sementara Salwa-Bactiar berada di angka 65,0%. Termasuk dalam mengambil keputusan dengan tegas, dan perhatian terhadap rakyat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES