Peristiwa Daerah

Panwaslu Kota Probolinggo Temukan Ratusan DPT Pilkada Ganda

Jumat, 22 Juni 2018 - 15:27 | 42.80k
Rakor panwaslu setempat Kota Probolinggo. (FOTO: Happy L./ TIMES Indonesia)
Rakor panwaslu setempat Kota Probolinggo. (FOTO: Happy L./ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Panitia Pengawas Pemilu (PanwasluProbolinggo, menemukan ratusan data ganda dalam daftar pemilih tetap (DPT). Temuan diperoleh dari hasil pemutakhiran  pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur dan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo, oleh KPU.

Ketua Panwaslu setempat, Suef Priyanto mengatakan data ganda tersebut cukup bervariasi. Mulai dari nama yang ganda, nomor induk kependudukan (NIK) ganda, NIK dan alamat ganda, NIK dan tempat tanggal lahir ganda, serta NIK dan nama ganda. Tak hanya itu, setelah penetapan daftar pemilih hasil pemutakhiran (DPHP) menjadi DPT, panwaslu mencoba menganalisa. Hasilnya  masih banyak ditemukan DPT ganda karena NIK dan nama sama.

"Kami sudah mengirimkan surat rekomendasi kepada KPU Kota Probolinggo, tertanggal 10 Juni 2018. Rekomendasi tersebut, awalnya menemukan 194 DPT  ganda yang merupakan hasil keputusan rapat pleno dengan menggunakan aplikasi vital," ujar Suef, Jumat (22/6/2018).

Tak berhenti disitu, pengawasan terus dilakukan hingga menemukan kembali ratusan DPT Pilkada ganda. Setelah melakukan rapat pleno kedua bersama Panwascam se Kota Probolinggo. Dengan menggunakan analisa secara aplikasi vital dan manual yang dimiliki panwas setempat.

Atas temuan itu, Panwaslu merekomendasikan kepada KPU Probolinggo untuk segera memperbaiki data itu sebelum pelaksanaan pencoblosan 27 Juni mendatang. Panwas berharap, temuan itu ditindaklanjuti oleh penyelenggara pilkada. Sehingga tidak menjadi masalah di kemudian hari karena persoalan data pemilih yang selalu menjadi sorotan setiap pelaksanaan pemilu.

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Probolinggo Bidang Perencanaan dan Data, Joko Wahyudi,  belum bisa dihubungi soal kesiapannya dalam menindaklanjuti temuan data ganda dalam DPT oleh Panwaslu Probolinggo tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES