Politik

Ganjar-Yasin Unggul Popularitas, Soal Keterpilihan Sudirman-Ida Unggul

Jumat, 22 Juni 2018 - 15:32 | 81.30k
Ganjar - Yasin, Sudirman - Ida saat pengambilan Nomor Cagub (FOTO: jatengpos)
Ganjar - Yasin, Sudirman - Ida saat pengambilan Nomor Cagub (FOTO: jatengpos)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Direktur Survei Fokus Survei Indonesia (FSI), Andre Gunawan mengungkapkan popularitas Paslon Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo-Yasin (Ganjar-Yasin) lebih unggul ketimbang Paslon Sudirman Said - Ida Fauziah (Sudirman-Ida). Namun hal itu tak dibarengi dengan elektabilitas (tingkat keterpilihan) paslon.

Hal tersebut berdasarkan temuan hasil lembaga surveinya di mana Popularitas Ganjar-Yasin sebesar 89,7 persen, sementara pasangan Sudirman-Ida berada diangka 87,62 persen.

"Dari sisi kesukaan dan akseptabilitas masyarakat Jawa Tengah terhadap kedua pasangan ini untuk memimpin Jawa Tengah dengan terpaan berbagai pemberitaan masing masing Cagub nya, maka pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah lebih tinggi tingkat disukai dan diterima oleh masyarakat Jawa Tengah yaitu berada diangka 89,2 persen, sementara pasangan Ganjar Pranowo– aj Yasin hanya berada ditingkat 62,1 persen," kata Andre kepada wartawan di Jakarta, Jumat (22/6/2018).

"Apalagi Ganjar juga tersandung (namanya terseret) kasus korupsi e-KTP," tambah dia.

Andre melanjutkan, dalam surveinya, apabila pemilihan Gubernur Jawa Tengah dilakukan saat ini, maka pasangan nomor urut 2 yakni pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah akan unggul 8,7 persen.

"Sebanyak 52,9 persen responden menentukan pilihannya untuk pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah, sementara 44,2 persen memilih Ganjar Pranowo-Taj Yasin," terangnya.

Sementara 2,9 persen responden tidak menentukan pilihannya atau golput.

Survei ini dilakukan pada 2 Juni hingga 14 Juni 2018 dengan melibatkan 1.466 orang warga yang sudah berusia 17 tahun dan memiliki hak pilih di 29 kabupaten dan 6 kota se Jawa Tengah.

Penentuan jumlah sample mengunakan metode multistage random sampling berdasarkan populasi DPT Jawa Tengah di pilkada 2018 sebanyak 27.068.125. Adapun margin eror dari survei ini yakni kurang lebih 2,56 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Seperti diketahui, pada Pilgub Jateng 2018 ini ada dua Paslon yang akan berkompetisi yakni Paslon Ganjar Pranowo-Yasin (Ganjar-Yasin) dan Sudirman Said-Ida Fauziah (Sudirman-Ida).(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES