Cek Fakta Fakta atau Hoaks

[HOAKS] Ditemukan Enam Bom di Graha Kencana Karanglo Malang

Selasa, 15 Mei 2018 - 17:51 | 57.59k
Ilustrasi (Grafis: TIMES Indonesia)
Ilustrasi (Grafis: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Beredar di media sosial, terutama di Facebook (FB), pesan pendek bahwa telah ditemukan enam bom di Graha Kencana, Desa Karanglo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Minggu (13/4/2018) siang.

Informasi tersebut beredar setelah ada operasi di wilayah Kota Malang oleh jajaran Polresta Malang, tepatnya di jalan menuju ke perumahan Graha Kencana, Desa Karanglo, Kabupaten Malang.

Operasi dan penyisiran itu dilakukan sebagai bentuk antisipasi perkembangan peristiwa di Surabaya, terjadi bom bunuh diri di tiga Gereja.

Di Facebook (FB) dan di WhatsApp (WA), beredar foto saat penyisiran oleh anggota polisi, dengan keterangan, bahwa ada 6 bom ditemukan di Graha Kencana Kalanglo, Kabupaten Malang.

Setelah dikonfirmasi TIMES Indonesia ke Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung, pihaknya menegaskan, bahwa kabar atau informasi yang beredar di media sosial, tidak benar alias hoaks.

“Informasi itu hoaks. Tidak benar. Foto yang beredar itu adalah anggota Polresta Malang saat melakukan razia di sekitar Graha Kencana Karanglo. Namun, oleh penyebar foto itu dikatakan penemuan bom. Jelas hoaks informasi itu,” tegasnya.

YS Yade Setiawan Ujung meminta dan berharap masyarakat tidak mudah terpengaruh pada informasi yang belum jelas sumbernya. Jangan mudah percaya dengan informasi yang beredar di media sosial.

“Jadi masyarakat kami harap tenang dan tidak mudah percaya dengan informasi yang berkembang ke mana-mana (hoaks), seolah wilayah tidak aman. Sampai sekarang Kabupaten Malang masih aman. Masyarakat jangan takut dengan teroris,” tegasnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

Fakta atau hoaks?
Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini.

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES