Kesehatan

Konsumsi Jahe saat Hamil? Banyak Manfaatnya, Lho

Jumat, 22 Juni 2018 - 02:30 | 65.89k
Ibu hamil. (FOTO: Istimewa)
Ibu hamil. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTAJahe merupakan salah satu bahan makanan yang paling direkomendasikan untuk mengatasi mual pada ibu hamil. Sebaiknya ibu hamil mengonsumsi jahe lebih sering dalam berbagai varian menu. Jahe telah terbukti memiliki banyak manfaat yang super hebat untuk ibu hamil. Dilansir dari Dokter Sehat, berikut beberapa manfaat jahe untuk ibu hamil.

1.    Meningkatkan nafsu makan
Sudah menjadi rahasia umum jika ibu hamil kerap mengalami tidak nafsu makan. Mengonsumsi jahe juga ternyata dapat meningkatkan nafsu makan ibu hamil.

Hal ini disebabkan jahe memiliki rasa yang cenderung pedas dan membuat tubuh jadi lebih nafsu makan.

2.    Melancarkan sistem pencernaan
Menambahkan jahe pada minuman atau masakan ternyata juga akan memberikan manfaat bagi pencernaan tubuh. Hal ini disebabkan jahe memiliki kandungan enzim, yaitu enzim lipase dan proteasi yang memiliki fungsi mencerna lemak dan protein lebih maksimal.

Kondisi ini akan membuat ibu hamil yang mengonsumsi jahe bebas dari gejala sembelit atau diare karena fungsi penyerapan dalam pencernaan lebih lancar.

3.    Meningkatkan imunitas tubuh
Jahe sudah terkenal dengan kandungan antioksidannya yang tinggi, hal ini memberikan manfaat untuk tubuh berupa peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Tak heran jahe kerap dikonsumsi untuk mencegah terjadinya flu, batuk, atau demam. Kandungan antioksidan dan fitonutrien yang ada pada jahe juga memberikan manfaat berupa pencegahan terhadap penyakit kanker.

4.    Mengatasi morning sickness
Manfaat utama dan yang paling terkenal pada jahe tentu adalah mencegah mual dan muntah. Tak heran jahe jadi lebih sering direkomendasikan pada ibu hamil, utamanya pada ibu yang hamil muda.

Itulah 4 manfaat jahe untuk ibu hamil. Meskipun bermanfaat, perlu diingat bahwa ibu hamil tidak boleh mengonsumsinya berlebihan, karena berisiko menyebabkan gangguan pada pencernaan. Usahakan mengonsumsi jahe paling banyak 2-3 ruas jari ukuran sedang dalam satu hari saja. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES