Peristiwa Daerah Arus Mudik 2018

Arus Balik Lebaran 2018, Tol Tangerang-Merak Diprediksi Meningkat Pekan Ini

Jumat, 22 Juni 2018 - 01:25 | 47.50k
Suasana Kemacetan di Bakauheni saat Arus Mudik 2017 (FOTO: Twitter)
Suasana Kemacetan di Bakauheni saat Arus Mudik 2017 (FOTO: Twitter)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pengelola tol Tangerang-Merak memperkirakan puncak arus balik Lebaran 2018 yang akan melintasi ruas tol tersebut terjadi pada hari Sabtu dan Minggu pekan ini.

Kepala Divisi Hukum dan Humas PT Marga Mandalasakti Indah Permanasari mengatakan, penumpukan kendaraan di Jalan Tol Tangerang-Merak bukan hanya berasal dari para pemudik yang berasal dari Sumatera, Akan tetapi, juga didominasi para wisatawan yang kembali dari sejumlah destinasi wisata, seperti Anyer dan Tanjung Lesung.

“Puncak arus baliknya diprediksi jatuh pada Sabtu dan Minggu ini. Kami perkirakan puncak arus balik diikuti dengan penyeberangan di Pelabuhan Merak yang terjadi tanggal 23 dan 24 Juni nanti,” kata Indah melalui pesan tertulis yang diterima TIMES INDONESIA (Timesindonesia.co.id), Kamis (21/6/2018).

Menurutnya, peningkatan arus balik tahun ini akan terjadi lonjakan peningkatan sekitar 18 persen atau 165.475 kendaraan dibanding hari normal.

“Dibandingkan dengan Lebaran tahun 2017 lalu, prediksi angka kenaikan jumlah itu sebesar 5,67 persen untuk periode yang sama,” ujar dia.

Indah melanjutkan, kendaraan wisatawan yang berasal dari Pantai Anyer, Tanjung Lesung dan Carita mencapai 51.199 kendaraan. 

Guna menghadapi arus balik itu, pihaknya mengaku telah mengantisipasi berbagai hal, salah satunya yakni dengan membuka 89 gardu di 10 gerbang tol yang terdiri dari 7 gardu dua arah dan 5 gardu tandem.

“Komposisinya ada 23 gardu yang terdiri atas 12 gardu masuk, 9 gardu keluar, dan 2 gardu ramp," katanya.

Selain itu, agar tidak terjadi antrean panjang, pihaknya juga membatasi kendaraan berat yang melintas di Jalan Tol Tangerang-Merak.

“Mobil barang juga dibatasi pada Jumat (22/6) pukul 00.00 WIB sampai Minggu (24/6) pukul 24.00 WIB,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, dia juga mengingatkan bahwa Gardu Tol hanya menerapkan sistem transaksi non-tunai atau harus menggunakan kartu tol elektronik.

Oleh sebab itu, dia menyarankan agar para pengguna jalan tol Tangerang-Merak menyiapkan kecukupan saldo di kartunya sebelum melewati gerbang tol di saat puncak arus balik Lebaran 2018 ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES