Glutera News

Jangan Gunakan Bedak Padat saat Wajah Berjerawat, Ini Alasannya

Kamis, 14 Juni 2018 - 08:33 | 780.30k
(FOTO: Gluteranews)
(FOTO: Gluteranews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam menjaga kecantikan wajah, pastinya bedak selalu berada di dalam tas, atau tempat rias. Namun, tahukah Anda jika sebenarnya tidak boleh sembarangan menggunakan bedak. Salah satunya adalah tidak dianjurkan menggunakan bedak padat selama perawatan wajah berjerawat. Mengapa? Inilah 5 alasan mengapa dilarang menggunakan bedak padat selama perawatan wajah berjerawat dan dianjurkan menggunakan bedak tabur.

1. Tidak Mengandung Oil Free dan Mengandung Comedogenic

Pada dasarnya bedak padat mengandung minyak yang dapat membuat wajah sedikit mengkilap. Padahal wajah berjerawat seringkali terkena gangguan wajah berminyak. Bila menggunakan bedak padat akan memperparah kondisi kulit itu sendiri.

Selain bedak padat yang tidak mengandung oil free, bedak padat juga mengandung zat comedogenic yang tinggi. Apabila terlalu lama menggunakan bedak padat, bisa menimbulkan komedo atau bahkan jerawat.

2. Menutup Pori-Pori Kulit

Wajah berjerawat merupakan wajah dengan tipe pori-pori yang besar. Apabila wajah berjerawat menggunakan bedak padat, maka akan menutup pori-pori kulit. Pori-pori kulit akan penuh dan kotor. Hal itu akan memperburuk wajah berjerawat Anda. Untuk itu Anda disarankan untuk menggunakan bedak tabur yang ringan dan tidak membuat pori-pori kulit.

3. Memberi Efek Penuh pada Wajah

Bedak padat dalam pengaplikasiannya pada wajah memang membuat wajah tampak penuh sehingga jerawat tersamarkan, namun hal ini tidak dianjurkan. Bedak padat yang susah dihilangkan atau susah dibersihkan, akan membuat pori-pori kulit tidak bersih.

Efek penuh ini juga membuat wajah sering berminyak. Sedangkan pemakaian bedak tabur sebenarnya justru membuat wajah lebih ringan karena pada dasarnya bedak tabur berbahan kering yang dapat menyerap minyak dengan maksimal.

4. Kulit Tidak Leluasa Bernapas

Bedak padat yang digunakan pada wajah berjerawat cenderung membuat kulit susah untuk bernapas. Karena bedak padat dapat memberi efek penuh pada wajah dan akan membuat wajah terasa berat. Wajah tidak dapat bernapas dengan baik. Hal ini membuat sirkulasi oksigen di pori-pori akan terhambat dan membuat penyembuhan jerawat tidak maksimal.

Selain itu, pori-pori kulit yang ada di wajah perlu bernapas untuk memberi udara sejuk pada pori-pori wajah. Sehingga, wajah tidak kusam dan kering. Wajah yang kusam dan kering rentan terkena jerawat.

5. Membuat Lengket pada Kulit Wajah

Wajah berjerawat sering kali terlihat lengket dikarenakan produksi minyak yang berlebih. Sehingga rentan kotoran yang menempel pada pori-pori. Hal ini bertambah parah jika menggunakan bedak padat.

Sebaiknya simpanlah bedak padat jika tidak terlalu diperlukan bagi Anda yang memiliki kulit wajah berjerawat. Gantilah dengan jenis bedak tabur, yang membuat wajah tidak lengket dan membuat kotoran tidak gampang menempel pada wajah. Gunakanlah bedak tabur untuk menyerap minyak yang berlebih agar hasil maksimal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES