Politik

KPU: Masyarakat Bondowoso Harus Sukseskan Pilkada

Kamis, 21 Juni 2018 - 14:33 | 66.80k
ILUSTRASI. (Grafis: TIMES Indonesia)
ILUSTRASI. (Grafis: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Suksesnya penyelenggaraan pilkada serentak tahun 2018, khususnya di Kabupaten Bondowoso, tidak lepas dari peran seluruh elemen masyarakat. Makanya, masyarakat wajib ikut andil dalam meyukseskan pesta demokrasi tersebut.

Harapan dan imbau itu diungkapkan oleh Hairul Anam, ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bondowoso.

Menurutnya, kesuksesan penyelenggaraan Pilkada serentak tidak hanya adanya peran petugas di lapangan, tapi harus ada peran masayarakat, baik di tingkat kabupaten, kecamatan hingga tingkat desa.

Anam juga menegaskan bahwa pesta demokarasi ini, bukan hanya milik KPU dan stakeholder terkait, tapi ini adalah pesta rakyat, yang sukses tidaknya tergantung masyarakat, khususnya di Kabupaten Bondowoso.

“Pilkada ini adalah proses demokrasi, di mana dalam proses ini perlu adanya keterlibatan kita semua, sebagai warga negara yang baik, yang cinta terhadap kabupaten Bondowoso,” katanya, Kamis (21/6/2018).

Karena, lanjut dia, yang akan dipilih oleh masyarakat Bondowoso, adalah pemimpin yang akan memimpin Bondowoso di tingkat Pilbup, dan pemimpin Jawa Timur di tingkat Pilgub, yang akan memimpin kurang lebih lima tahun ke depan.

“Tentunya dalam proses demokrasi ini, harus ada keterlibatan dan peran dari semua komponen masyarakat, khususnya masyarakat Bondowoso,” imbuhnya.

Sementara, tindakan yang harus dilakukan masyarakat, dalam rangka ikut serta menyukseskan pilkada serentak tahun 2018, setidaknya ikut menyosialisasikan adanya penyelenggaraan pilkada pada 27 Juni besok.

Misalnya sosialisasi pada lingkup kecil, seperti kepada keluarga masing-masing, tetangga terdekat, dan kepada setiap orang yang mereka kenal, baik di desa maupun di luar desanya sendiri.

Di sisi lain, yang juga tidak kalah penting, masyarakat bersama kepolisian dan TNI, diharapkan juga ikut membantu tugas-tugas keamanan. Setidaknya melaporkan, jika ada sesuatu yang dianggap dapat mengganggu stabilitas keamanan dalam pilkada serentak.

Dengan adanya upaya bersama, dan peranan semua elemen masyarakat, penyelenggaraan pilkada serentak tahun 2018, khususnya di Kabupaten Bondowoso, diharapkan dapat berjalan dengan sukses dan aman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES