Politik

LSPI: Simulasi Pencobolosan Pilgub Sumut, Eramas Unggul Telak

Kamis, 21 Juni 2018 - 11:50 | 266.43k
Hasil Survei Pilgubsu oleh LSPI (FOTO: Dokumen LSPI For Times Indonesia)
Hasil Survei Pilgubsu oleh LSPI (FOTO: Dokumen LSPI For Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Lembaga Survei Politik Indonesia (LSPI) melakukan survei langsung dengan simulasi pencoblosan surat suara pada dua pasangan calon Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Utara (Sumut) 2018. 

Hasilnya, pasangan Calon Gubernur Edy Rahmayadi - Musa Rajekshah (ERAMAS) unggul jauh atas lawannya Djarot Syaiful Hidayat dan Sihar Pangihutan Hamonangan Sitorus (DJOSS)

 “Sebanyak 54,22 persen responden lebih memilih Edy-Musa dan 40,13 persen responden memilih Djarot-Sihar," kata Manajer Riset LSPI, Muhammad Ridwan, Kamis (21/6/2018).

Sementara 5,65 persen responden lainnya lebih memilih abstain atau tidak memberi tanda apapun di kertas tersebut.

Sebagai informasi, survei ini dilakukan dengan cara simulasi melalui kertas suara dan responden diminta untuk memilih salah satu dari dua pasangan tersebut. Sebelumnya mereka diberikan pertanyaan seandainya pemilihan gubernur Provinsi Sumatera Utara dilaksanakan hari ini, dan seandainya surat suara yang dipakai adalah seperti kertas simulasi yang diberikan.

Pada kesempatan itu, Ridwan mensimulasikan, apabila 5,65 persen yang tidak menandai kertas simulasi itu nantinya memilih pasangan Djarot - Sihar secara mutlak, posisi kemenangan tetap akan diraih Edy - Musa.

Ridwan menilai undecided voters menjadi kecil karena survei dilakukan dengan simulasi kertas suara dan wawancara yang dilakukan juga sangat sedikit pertanyaannya.

Survei LSPI sendiri dilaksanakan sejak tanggal 7 - 11 Juni, dengan jumlah responden 800 orang yang berasal dari 33 kawasan di Sumatera Utara dan dipilih secara acak. Tingkat kesalahan survei atau Margin of error sebesar 3,46 persen dengan tingkat kebebasan 95 persen. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES