Indonesia Positif

Ini Langkah Unisma Malang Menuju Entrepreneur University

Senin, 11 Juni 2018 - 10:53 | 97.91k
Mahasiswa Unisma. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Mahasiswa Unisma. (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Milestone Pendidikan Universitas Islam (Unisma) Malang Tahun 2023-2027 adalah menuju Tahap Entrepreneur University. Oleh karena itu persiapan langkah berjenjang, simultan dan integrated sudah menjadi gold planning Universitas.

Salah satu langkah yang telah dilakukan adalah melatih mahasiswa dan memberi wadah dalam berwirausaha. Hal ini selaras dengan visi-misi pemerintah yang tertuang dalam Renstra Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk pengembangan wirausaha baru dalam mewujudkan kemandirian bangsa melalui pengembangan pendidikan dan pelatihan kewirausahaan.

Kemristek dalam hal ini Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan telah melakukan berbagai program dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dan percepatan pertumbuhan wirausaha baru di Perguruan Tinggi.

Salah satunya adalah Program Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI).  Program KBMI, dimaksudkan untuk pengembangan usaha. Fasilitas yang diberikan dalam bentuk dukungan permodalan dari Kemenristekdikti dan pendampingan usaha dari Perguruan Tinggi.

Program KBMI bertujuan untuk menghasilkan karya kreatif, yang inovatif dalam membuka peluang bisnis yang berguna bagi mahasiswa setelah menyelesaikan studi. Program KBMI ini menitikberatkan pada orientasi proses usaha dan hasil usaha (profit).

Kategori program KBMI yaitu pengembangan bisnis bagi mahasiswa yang sudah memiliki bisnis dan ingin mengembangkannya.

Kolaborasi Mahasiswa Fakultas Peternakan dan Fakultas Ekonomi yang diketuai oleh Ali Fatul Ulfah dengan anggota Aris Sujatmiko, Nur Hikmaturohma, Dimas Bayu Anggara dan Ahmad Fahmi berhasil meraih Hibah kompetisi ini.

Program wirausaha yang diambil adalah Budidaya kelinci pedaging yang ekonomis dengan produktivitas tinggi melalui  inovasi pakan complete feed berbasis limbah pertanian dibawah bimbingan drh. Nurul Humaidah, M. Kes.

Ulfa menyampaikan bahwa bisnis Budidaya Kelinci pedaging ini dimulai ketika mereka selesai mengikuti praktikum Ilmu Aneka Ternak yang salah satu materi praktikum adalah budidaya Kelinci pedaging.  Selesai Praktikum timbul ide untuk melanjutkan menjadi bisnis kelinci pedaging.

“Sayang kalau tidak dilanjutkan karena fakultas mempunyai sarana untuk wadah pengembangan bisnis yaitu Teaching Farm,” lanjut Ulfa.

Pengembangan bisnis yang telah dilakukan selama ini ternyata terkendala dengan modal. Dengan menggandeng temannya yang berasal dari Prodi Manajemen dan Bisnis Fakultas Ekonomi, Tim Ulfa yang sudah mempunyai pengalaman budidaya kelinci pedaging memberanikan diri mengajukan proposal KBMI.

“Alhamdulillah...Kelinci membawa kami sukses meraih program hibah ini, mudah-mudahan semakin menguatkan mental dan pengalaman entrepreuner kami sehingga setelah lulus kami sudah tidak bingung dalam mencari kerja nantinya,” jelas Ulfa.

Program KBMI ini sangat mendukung Unisma Malang menuju Entrepreneur University. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES