Peristiwa Daerah

Sempat Hilang di Gunung Ijen, Dua Pendaki Ditemukan Selamat

Rabu, 20 Juni 2018 - 18:25 | 62.66k
ILUSTRASI: Pendaki. (FOTO: Lampungpro.com)
ILUSTRASI: Pendaki. (FOTO: Lampungpro.com)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – David Kurniawan (21) warga dan Selvi Ani (17) pendaki asal Desa Temuguruh, Kecamatan Sempu, Banyuwangi yang sempat dikabarkan hilang saat mendaki Gunung Ijen pada Selasa (19/6/2018) berhasil ditemukan.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Banyuwangi, Eka Muharram mengatakan, dua pendaki tersebut ditemukan pada Rabu (20/6/2018) pagi.

“Kami bersyukur pendaki dapat ditemukan dengan selamat,” ungkap Eka kepada TIMESIndonesia.

Menurut Eka, pencarian korban sempat terhenti lantaran kondisi cuaca berkabut dan hujan deras.

Eka mengatakan, dua pendaki tersebut sempat menginap di dalam gua sebelum akhirnya kembali melanjutkan perjalanan. Mereka naik ke atas gunung bersama dengan 18 orang rombongan. Namun karena cuaca di atas kurang bersahabat akhirnya mereka salah jalur.

“Akhirnya pasangan dua sejoli ini terpisah dari rombongan,” ungkap Eka.

Sementara itu Kepala Resort Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen, Sigit Hari Wibowo menjelaskan, kejadian itu dapat diketahui setelah rekan korban melapor kepada petugas jaga yang ada di Paltuding.

“Malam itu rekan korban lapor bahwa ada dua temannya yang belum turun dari atas gunung. Kemudian kami bersama sejumlah pihak langsung koordinasi melakukan pencarian,” kata Sigit kepada TIMESIndonesia.

Selanjutnya petugas langsung melakukan pencarian pada malam itu juga. Pencarian diawali dengan menyisir dari Paltuding sampai ke Blok Pos baru, namun tidak ditemukan.

“Setelah melakukan pencarian bersama sejumlah tim gabungan, akhirnya dua pendaki Gunung Ijen tersebut ditemukan dalam kondisi selamat,” ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES