Peristiwa Daerah

Hari ini Sejumlah Wilayah di Jatim Diterpa Hujan dan Angin Kencang

Rabu, 20 Juni 2018 - 13:10 | 46.56k
Sejumlah kapal nelayan di perairan Probolinggo Jawa Timur, sedang bersandar di tepi pantai karena cuaca buruk.(FOTO: Dicko W/TIMES Indonesia)
Sejumlah kapal nelayan di perairan Probolinggo Jawa Timur, sedang bersandar di tepi pantai karena cuaca buruk.(FOTO: Dicko W/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Kondisi cuaca ekstrim, yakni hujan deras, ombak dan angin kencang terjadi di beberapa wilayah di Jawa Timur.

 Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Maritim Surabaya , Rabu (20/6/2018) menyebutkan potensi hujan ringan dan sedang dapat terjadi di sebagian besar wilayah perairan Jawa Timur kecuali Perairan Gresik dan Samudera Hindia selatan Jatim.

Kondisi ini akan terjadi selama 24 jam, dari pukul 07.00 WIB.

Data tertulis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Maritim Surabaya, menyebutkan kecepatan angin maksimum di laut Jawa bagian timur dan di Selat Hindia selatan Jatim, adalah 28 knots (50 km/jam).

Tinggi gelombang di laut Jawa bagian timur dan di Samudera Hindia selatan Jatim antara 1.5-3.5 m.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Maritim Surabaya menambahkan, gelombang tinggi mencapai 3.0 meter di Laut Jawa bagian Timur, Perairan Kepulauan Masalembu, Perairan Kepulauan Kangean dan di perairan selatan Jatim.

 Dedy Isfandi, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo membenarkan adanya fenomena cuaca yang terjadi di laut utara Probolinggo dan selat Madura.

“Kalau di laut utara Kabupaten Probolinggo, umumnya memang telah terjadi yang namanya angin Gending, itu terjadi dari Tongas hingga ke arah timur Probolinggo. Dan itu juga terjadi di sejumlah wilayah di Jatim,” terang Dedy. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES