Glutera News

Mendongkrak Semangat Kerja Pasca Libur Lebaran

Rabu, 20 Juni 2018 - 12:41 | 67.65k

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketika libur Lebaran telah usai, tentu Anda merasa sedikit malas untuk memulai hari-hari produktif dengan setumpuk pekerjaan yang menanti. Sebab, selama berlibur Anda terlepas dari penatnya dan tanggung jawab pekerjaan, sehingga sudah terbiasa bersantai serta mengosongkan pikiran. Hal ini bisa membuat Anda malas kembali bekerja.

Hal yang sama juga berlaku untuk Anda yang masih berstatus pelajar dan mahasiswa dengan tumpukan tugas dari guru serta dosen. Namun, tentu ketika liburan telah usai dan waktu masuk sekolah/kuliah/kantor tiba, Anda harus kembali memompa semangat hidup.

Nah, apa saja cara mendongkrak semangat kerja pasca-lebaran? Yuk, simak daftar lengkapnya berikut ini.

1. Pikirkan Kesenangan dalam Beraktivitas
Tips pertama untuk kembali bekerja dengan semangat baru setelah masa libur lebaran yang panjang ini adalah dengan memikirkan kesenangan dalam beraktivitas. Dengan memikirkan hal-hal yang menyenangkan pada aktivitas ini Anda akan lebih cepat memunculkan semangat.

2. Atur Pola Makan Sehat
Cara mendongkrak semangat kerja pasca-lebaran yang pertama adalah dengan kembali mengatur pola makan sehat. Saat sudah mulai kembali bekerja rutin, perbanyak makan buah dan sayuran setiap hari. Hindari makanan instan dan cepat saji, serta minuman berkarbonasi.

3. Tidur Lebih Awal
Saat liburan lebaran, dalam rangka balas dendam, Anda kemudian tidur sesuka hati. Sebagai cara mendongkrak semangat kerja setelah liburan, penting bagi Anda untuk mengatur kembali pola tidur, salah satunya adalah dengan pergi tidur lebih awal. Tidurlah jam 9 atau jam 10 malam tepat untuk memulihkan kembali kesegaran tubuh Anda.

4. Bangun Lebih Pagi
Selama liburan, Anda pasti sudah terbiasa bangun siang. Saat kembali bekerja, hal ini harus ditinggalkan. Pasalnya, bangun terlalu siang hanya akan membuat Anda lebih lemas dan tidak segar. Jadi, usahakan bangun pagi dan nikmati sinar mentari guna membentuk mood yang bagus, ya!

5. Berolahraga
Olahraga yang dimaksud di sini bertujuan untuk menghasilkan keringat dan membakar kalori liburan Lebaran yang masih tersisa. Jadi, Anda tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup berjalan kaki cepat, beryoga, atau skipping. Dengan berolahraga, Anda akan lebih segar dan bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari.

6. Banyak Minum Air Putih
Jika Anda cukup minum, rasa haus tidak akan muncul. Perlu Anda tahu bahwa rasa haus kadang disalahartikan sebagai rasa lapar oleh tubuh, sehingga menyebabkan Anda banyak makan. Terlalu banyak makan tentu tidak baik untuk tubuh, sebab menyebabkan rasa malas dan kantuk. Nah, minum cukup air (kurang-lebih 8 gelas sehari) dapat menyegarkan tubuh Anda.

7. Jangan Terburu-buru
Saat baru pertama kali masuk kerja, atau kelas, Anda tidak dianjurkan untuk mengerjakan tugas yang menumpuk secara buru-buru. Dr. Meredith Fuller, seorang psikolog, mengatakan bahwa salah satu alasan seseorang merasa malas di hari pertama kerja adalah karena mereka langsung buru-buru mengerjakan tugasnya. Ada baiknya Anda lebih santai dalam bekerja sehingga bisa menikmati hari pertama dengan semangat.

8. Ciptakan Suasana Positif
Jangan terlalu terbawa suasana liburan, ya! Memikirkan liburan yang telah lewat hanya membuat semangat kerja menurun. Sebaiknya siapkan suasana positif di kantor, bawalah bunga segar atau musik yang menyejukkan ke meja kerja Anda. Kenakan baju dengan warna cerah dan jangan pikirkan hal-hal negatif tentang kantor.

Itulah tips agar semangat kerja pasca lebaran. Yuk, persiapkan diri Anda untuk kembali bekerja setelah libur Lebaran mulai hari ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES