Gaya Hidup

Tips Membangun Semangat Kerja Usai Libur Lebaran

Rabu, 20 Juni 2018 - 06:42 | 84.69k
ILUSTRASI-Wanita bekerja dengan penuh semangat. (FOTO: Irman fsp)
ILUSTRASI-Wanita bekerja dengan penuh semangat. (FOTO: Irman fsp)

TIMESINDONESIA, JAKARTALibur Lebaran tentu dimanfaatkan untuk relaksasi dari semua aktivitas kantor. Namun, setelah libur Lebaran, Anda pastinya akan dihadapkan kembali pada rutinitas sehari-hari, yaitu bekerja. Bagi sebagian orang, hal tersebut rasanya berat karena sudah terlena menikmati waktu santai di masa liburan. Jika hal ini terjadi, bagaimana agar semangat bekerja usai libur?

Jika Anda merasa malas dan berat untuk kembali melakukan aktivitas kerja, bisa jadi itu karena post vacation blues. Seperti dilansir dari Klik Dokter, kondisi itu terjadi saat Anda kembali ke rumah dan menjalani rutinitas usai liburan. Semakin lama libur, Anda akan semakin lama terserang post vacation blues.

Post vacation blues dapat menimbulkan gejala lelah, malas, kehilangan nafsu makan, perasaan nostalgia akan momen liburan, bahkan pada beberapa kasus bisa terjadi depresi. Hal ini dapat terjadi karena ketika kembali ke rumah dan menjalani rutinitas, Anda menyadari betapa kehidupan sangat membosankan dan tidak menarik.

Bagaimana caranya mengembalikan semangat kerja usai Liburan? Berikut sejumlah tips agar semangat kerja usai liburan.

1. Lakukan semuanya secara perlahan

Post vacation blues sering dialami oleh orang yang langsung bekerja usai liburan. Hal ini tentu bisa memicu stres. Jadi, usahakan untuk pulang ke rumah pada satu atau dua hari sebelum bekerja. Berikan jeda agar tubuh dan pikiran beradaptasi secara perlahan dengan rutinitas.

2. Relaksasi menjelang kerja

Kembali bekerja terkadang membuat stres. Untuk menghilangkan penat, Anda tak perlu terburu-buru mencari tanggal merah untuk kembali berlibur. Meluangkan waktu relaksasi seperti melakukan hobi atau sekadar berkumpul bersama keluarga di akhir pekan dapat menjadi pilihan tepat.

3. Segera move on dari liburan

Melihat foto-foto liburan sering kali membuat Anda susah move on. Jika ingin kembali bekerja, simpan foto-foto tersebut dan hindari melihat media sosial terus-menerus.

Anda boleh merencanakan liburan selanjutnya, namun fokus pada pekerjaan sekarang. Berdasarkan studi yang dipublikasikan di The journal Applied Research in Quality Of Life, merencanakan liburan dapat membuat Anda lebih bahagia dan bersemangat kerja demi mengumpulkan uang untuk kembali berlibur.

3. Tingkatkan mood dengan musik dan camilan pendukung

Nikmati setiap baris lirik lagu yang Anda dengarkan. Bangun semangat kerja Anda kembali. Hal ini dapat membantu kembali bekerja dengan semangat penuh.

Selain itu, minum atau makanlah sesuatu untuk mengisi energi Anda kembali. Biasanya bosan akan menimbulkan efek tambahan, yaitu kantuk dan lapar. Kopi bisa jadi salah satu solusinya untuk mengusir kantuk atau makanlah cemilan yang dapat mengisi energi Anda kembali untuk memulai pekerjaan Anda.

Itulah tips tingkatkan semangat bekerja usai libur Lebaran. Jalani tips di atas agar Anda kian bersemangat dalam menjalani rutinitas pekerjaan Anda pasca libur Lebaran. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES