Gaya Hidup

Yuk, Turunkan Berat Badan Pasca Lebaran dengan Makanan Ini

Rabu, 20 Juni 2018 - 03:07 | 117.01k
ILUSTRASI-Wanita sedang mengukur badan. (FOTO: Tips Kecantikan & Perawatan Kecantikan Alami)
ILUSTRASI-Wanita sedang mengukur badan. (FOTO: Tips Kecantikan & Perawatan Kecantikan Alami)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Berbagai macam makanan yang berlemak serta minuman yang mengandung kadar gula tinggi sering disajikan saat Lebaran. Banyaknya hidangan lezat ini, asupan serat pun kerap diabaikan. Akibatnya berat badan bisa melonjak naik secara drastis. Lalu, bagaimana cara menurunkan berat badan pasca Lebaran?

Anda dapat mengembalikan berat badan pada tingkat semula dengan konsumsi makanan mengandung serat. Seperti dilansir dari Klik Dokter, hal ini penting mengingat kandungan serat baik untuk mengatasi kondisi tersebut.

Serat merupakan salah satu zat gizi yang sangat efektif dalam membantu menurunkan berat badan. Karena serat merupakan jenis karbohidrat yang tidak dicerna oleh tubuh, sehingga lambung akan terasa penuh dalam waktu lama. Serat dapat merangsang pergerakan usus dan memicu bakteri baik untuk bekerja lebih efektif, sehingga buang air besar menjadi lebih lancar.

Serat bisa Anda temukan pada apel, roti gandum, edamame, pir, brokoli, kacang almon, jagung, alpukat, nasi merah, jagung, dan beberapa makanan lain.

Yang harus diingat, meski serat memiliki manfaat baik dan dapat membantu menurunkan berat badan, tetap batasi jumlah asupan kandungan yang satu ini di dalam tubuh. Kebutuhan serat harian yang dianjurkan adalah sekitar 30 gram per hari.

Sementara itu, para ahli merekomendasikan asupan serat sebanyak 25 gram sehari untuk mereka dengan asupan kalori 2000 kkal/hari. Sebelum Anda mulai mengonsumsi diet tinggi serat, ingatlah untuk selalu mengimbanginya dengan asupan cairan yang banyak (8 gelas/hari).

Tingkatkan asupan serat Anda perlahan-lahan untuk membantu adaptasi saluran cerna usai konsumsi makanan di hari Lebaran. Jangan lupa, imbangi dengan olahraga dan mengurangi kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol agar program menurunkan berat badan pasca Lebaran ini lebih mudah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES