Glutera News

Pentingnya Menjaga Kualitas Skin Care

Minggu, 03 Juni 2018 - 17:02 | 47.77k

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Layaknya produk makeup, produk skin care pun memiliki masa kadaluwarsa. Hal ini penting untuk diketahui guna mencegah terjadinya reaksi alergi, iritasi, atau kerusakan kulit lainnya. Selain masa kadaluwarsa, ada beberapa hal yang dapat menurunkan kualitas skin care. Nah, agar kualitasnya tetap terjaga dan dapat dipakai tanpa mubazir, yuk baca tips menjaga kualitas skin care berikut ini.

1. Gunakan Spatula untuk Mengambil Produk

Untuk menjaga kualitas skin care, pencegahan terhadap kontaminasi produk penting untuk dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan spatula kosmetik. Hal ini berlaku untuk produk yang memiliki kemasan berbentuk jar.

Sebenarnya, produk skin care umumnya diformulasikan dengan kandungan bahan pengawet yang cukup kuat. Sehingga tidak terlalu jadi masalah jika Anda ingin mengambil produk menggunakan jari asalkan Anda telah membersihkan jari dengan baik. Namun, untuk berjaga-jaga agar lebih higienis lagi, rasanya tips ini tidak ada salahnya untuk dicoba, kan?

2. Simpan Produk pada Tempat yang Tepat

Hati-hati jika Anda biasa menyimpan produk skin care di kamar mandi. Kelembaban kamar mandi dapat membuat bakteri dan jamur berkembang dengan cepat.

Sebaiknya simpan produk skin care pada tempat yang kering, sejuk, dan bebas dari sinar matahari agar kualitasnya selalu terjaga.

3. Catat Tanggal Produk Dibuka

Selain expired date, ada satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan dari kemasan skin care, yaitu shelf life. Informasi ini bertujuan untuk mengetahui berapa lama umur produk setelah kemasannya di buka.

Umur produk yang telah dibuka akan lebih singkat dibandingkan dengan umur produk yang masih tertutup. Jadi, bila terdapat tulisan 6M, Anda sebaiknya mengganti produk bila sudah dibuka selama 6 bulan meskipun tanggal kadaluwarsanya masih 1 atau 2 tahun lagi.

Nah, supaya tidak kebablasan, biasakan untuk mencatat tanggal pembukaan produk pada botol skin care.

4. Pilih Produk dengan Kemasan Kecil

Membeli skin care dalam kemasan yang besar memang dapat membuat Anda lebih berhemat. Namun, akan timbul risiko produk terkontaminasi yang lebih besar karena produk terbuka dalam waktu yang lebih lama.

Selain itu juga akan ada risiko formula skin care yang digunakan terlanjur bereaksi dan menjadi tidak stabil sebelum Anda sempat menghabisnya.

Agar lebih aman, gunakan skin care dengan kemasan produk kecil yang sekiranya dapat habis dalam waktu 3-6 bulan.

5. Perhatikan Kandungan Skin Care

Bahan-bahan yang terkandung dalam skin care tentu akan memengaruhi daya simpan produk. Skin care dengan kandungan air sangat rentan terkontaminasi oleh bakteri dan jamur. Hal ini membuat produk dengan kandungan air memiliki daya simpan yang pendek dan sebaiknya tidak disimpan selama lebih dari 6 bulan.

Berbeda dengan air, kandungan anti-oksidan dalam skin care justru dapat memberikan sedikit perlindungan tambahan pada produk skin care. Anti-oksidan seperti vitamin E dapat meningkatkan stabilitas produk dengan cara memperlambat oksidasi.

Sedangkan untuk produk skin care yang memiliki active ingredients seperti exfoliator, serum, atau eye cream, memiliki sensitivitas yang tinggi. Saat terpapar udara, produk dapat mengalami oksidasi yang berujung pada menurunnya efektivitas produk. Untuk menjaga kualitas skin care dengan kandungan aktif, simpan produk tersebut dalam lemari es. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES