Glutera News

Muncul Bercak Putih di Wajah, Apa Penyebabnya?

Minggu, 03 Juni 2018 - 09:17 | 310.72k

TIMESINDONESIA, JAKARTABercak putih di wajah dapat membuat seseorang tidak percaya diri. Kesan yang sering muncul adalah bercak putih itu pertanda kurang menjaga kebersihan, meski tidak selalu demikian. Lalu, sebenarnya apa penyebab bercak putih di wajah dan bagaimana mengobati bercak putih tersebut?

Bercak putih pada kulit, termasuk di wajah, dikenal sebagai bercak hipopigmentasi. Kondisi di mana kulit tampak lebih terang atau putih, karena kekurangan pigmen melanin. Kondisi ini dapat dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari infeksi, iritasi, hingga kondisi autoimun. Agar lebih jelas, berikut ini adalah beberapa penyebab timbulnya bercak putih di wajah.

1. Tinea Versicolor
Tinea versicolor atau panu, yaitu kondisi kelainan kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur. Panu biasanya ditandai dengan bintik-bintik berwarna merah muda dan putih yang tampak bersisik atau kering.

2. Vitiligo
Vitiligo merupakan sebuah kondisi autoimun yang memicu terjadinya kelainan kulit berupa hilangnya pigmentasi kulit, dan dapat timbul di berbagai area tubuh, termasuk wajah. Awalnya bercak putih pada vitiligo akan timbul dalam ukuran kecil, dan semakin lama semakin meluas. Kondisi ini umumnya baru menimbulkan gejala di usia 20-an. Risiko untuk mengalami vitiligo akan meningkat jika ada riwayat vitiligo dalam keluarga.

3. Kerusakan Kulit
Luka bakar, lecet, infeksi, atau iritasi dapat menyebabkan kerusakan jaringan kulit. Area kulit yang rusak tersebut, mungkin akan kehilangan pigmentasi, sehingga dalam penyembuhannya akan tampak sebagai bercak putih. Kondisi ini dikenal juga sebagai hipopigmentasi pasca inflamasi.

4. Pityriasis Alba
Penyebab lain dari bercak putih di wajah adalah pityriasis alba, yaitu sejenis eksim bisa berbentuk lonjong, bundar, atau tidak beraturan di wajah. Kondisi ini biasanya memengaruhi anak usia 3-16 tahun dan sampai kini belum diketahui secara jelas apa penyebab pastinya, namun kemungkinan berkaitan dengan eksim atopik, paparan sinar matahari, atau infeksi jamur.

Bagaimana Mengobati Bercak Putih di Wajah?

Cara mengobati bercak putih di wajah tergantung pada penyebabnya. Jika diakibatkan oleh vitiligo, maka dokter akan melakukan perawatan kulit dengan tujuan mengembalikan warna pada kulit wajah Anda dan menghentikan perluasan area bercak putih tersebut. Dokter dapat memberikan obat oles, obat minum, maupun terapi sinar ultraviolet. Menggunakan makeup juga mungkin dapat dilakukan untuk menyamarkan bercak putih pada wajah.

Bercak putih yang disebabkan tinea versicolor (panu), akan diberi obat dari dokter berupa krim, losion, sabun, atau mungkin juga obat tablet minum. Sedangkan untuk kondisi pityriasis alba, kemungkinan diperlukan obat oles berbentuk krim yang ditujukan untuk membantu menekan perubahan warna kulit wajah dan juga menghilangkan kekeringan, kerak, atau gatal pada kulit wajah.

Selain cara di atas, ada solusi dari Glutera untuk mengobati bercak putih di wajah. Berikut solusinya.

Ada 3 kasus bercak putih bukan karena keturunan yang terjadi. Hampir sepertiga wajah yang muncul bercak putih, akibat pekerjaanyang membuat seseorang terpapar panas sinar matahari. Cara mengatasi kondisi ini adalah dengan menggunakan rangkaian produk Glutera.

Gunakan Glutera Acne Series di bulan pertama, kemudian Glutera Whitening Series pada bulan ke dua, dan tidak lupa mengonsumsi Glutera Glutathione dan Glutera Collagen. Dalam 1 bulan bercak mulai berkurang dan memasuki bulan ke 2 warna kulit yang putih mulai merata dengan warna kulit lainnya.

Itulah penyebab bercak putih di wajah dan cara mengobati bercak putih tersebut. Anda pasti akan lebih percaya diri jika bercak putih di wajah Anda sudah tidak tampak lagi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES