Glutera News

Anda Sulit Konsentrasi? Bisa Jadi Anda Kena Brain Fatigue

Jumat, 08 Juni 2018 - 09:20 | 34.84k

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hiruk-pikuk dunia yang saat ini komplek membuat kita harus ekstra dalam memilah mana fokus kita. Mulai dari dunia politik, keadaan ekonomi dan belum lagi jika Anda seorang pebisnis tentu harus mengurus bisnisnya. Jika Anda seorang karyawan tentu juga harus mengurus kerjaan yang menumpuk, deadline, meeting, serta macet di kota-kota besar Indonesia yang sering kali membuat kita stress juga. Semua kondisi ini bisa menyebabkan Brain Fatigue. Lalu bagaimana solusi untuk mengurangi Brain Fatigue?

Disela-sela waktu mengecek sosmed, eh... bukan refreshing malah yang ada isinya bikin pusing kacau pikiran dan emosi. Semua energi kita terkuras untuk memikirkan hal-hal di atas. Kita tidak ingin memikirkan tapi karena kemasukan ke dalam otak kita yang akhirnya mau tidak mau otak “berputar” untuk memikirkannya.

Saya Ingin Mengajak Anda 10 Menit untuk Sejenak Melupakan dan Keluar dari Kondisi Brain Fatigue

Sangat penting sekali, jika terlalu banyak hal yang membebani otak kita itulah yang disebut Brain Fatigue (Kelelahan Otak). Di saat Brain Fatigue menyerang, otak kita tidak dapat berpikir tajam dan jernih. Tentu dapat mempengaruhi kinerja atau kegiatan kita.

Solusi untuk mengurangi Brain Fatigue adalah Kurangi Distraksi (keadaan yang membuat seseorang berhenti memberikan atensi pada sesuatu). Anda mulai fokus, pikiran, tenaga, energi dan uang pada sesuatu yang dapat meningkatkan skill dan income kita.

1. Tentukan List
Buatlah sebuah list "Apa yang ingin Anda kerjakan hari ini?"

2. Fokus Solusi
Ketika ada something yang mengganggu otak atau mengurasi tenaga, maka kita fokus pada solusi sering kali fokus solusi akan lebih cepat reda dibanding kita fokus pada masalah (mencari siapa yang salah)

3. Pola Pikir Asertif
Ada 3 sikap kita dalam menghadapi suatu hal, yaitu :
• Pasif (orang cenderung diam),
• Agresif (orang yang menyerang),
• Asertif (orang yang terus berupaya menjelaskan sampai saling memahami dengan teknik dan data yang berbeda).

Itulah tiga solusi untuk mengurangi Brain Fatigue. Ingat! Jangan terlalu banyak hal yang membebani otak kita agar terhindar dari Brain Fatigue. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES