Wisata

Geliat Bukit Pamoyanan di Subang Jawa Barat

Selasa, 19 Juni 2018 - 12:32 | 702.85k
Keindahan sunrise dan sunset dari Bukit Pamoyanan, Subang, Jawa Barat. (FOTO: Istimewa)
Keindahan sunrise dan sunset dari Bukit Pamoyanan, Subang, Jawa Barat. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, SUBANG – Dunia wisata di Kabupaten Subang, Jawa Barat, terus menggeliat. Semakin hari, semakin banyak pilihan. Salah satunya yang lagi banyak dikunjungi adalah Bukit Pamoyanan yang terletak di Kampung Sudi, Desa Kawung Luwuk, Kecamatan Tanjung Siang, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Bukit ini menjadi spot yang lagi hits di kalangan anak muda beberapa waktu belakangan ini. Foto-foto keren di lini masa Instagram atau Youtube sebagai pemicunya.

keindahan-sunrise-2.jpg

Menjadi saksi terbitnya matahari atau ketika matahari tenggelam di sore hari bisa menjadi pilihan. Lewat keduanya merupakan pengalaman yang menakjubkan. Ketika matahari mulai meninggi, lautan awanpun perlahan akan menghilang. Dari kejauahan akan nampak gunung Tampomas dan Gunung Canggah.

Dalam obrolan dengan seorang warga sekitar terungkap, bahwa konon katanya Pamoyanan merupakan tempat “Moyan” (berjemurnya) macan pada masanya. Di mana puncak bukit yang relatif datar ini merupakan tempat merumput berbagai jenis hewan.

Obyek wisata keren ini dikelola oleh Karang Taruna setempat dengan nama obyek wisata Bukit Alam Endah Pamoyanan. Meskipun menyuguhkan panorama alam yang luar biasa indah, tiket masuk bukit pamoyanan ini sangat terjangkau.

keindahan-sunrise-3.jpg

Para pengunjung hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5 ribu  dan parkir Rp 7 ribu. Bila pengunjung datangnya malam hari, maka harus membayar penitipan motor sebesar Rp 10 ribu. Bila ingin menyewa tenda berkapasitas 4 orang, tarifnya Rp 60 ribu.

Tapi sebaiknya membawa tenda sendiri karena jika wisatawan membludak anda akan kehabisan tenda untuk disewa. Juga jangan khawatir jika tak membawa banyak bekal, sebab di sekitar lokasi Bukit Pamoyanan banyak warung makanan dan minuman.

Tidak dipungkiri, warga mendapat banyak manfaat dari tingginya hasrat wisatawan yang datang jauh-jauh ke desa itu hanya ingin menyaksikan fenomena alam.

"Dalam sehari uang dari warga luar yang datang kesini bisa paling sedikit Rp 1 juta. Tentu ini jauh dari ekspektasi kami orang desa yang tidak menyangka responnya bakal seperti ini," ungkap Ate Saefudin, salah seorang yang ikut mengelola tempat wisata ini.

Warga mendapat keuntungan dari sewa tenda, tiket parkir, tiket masuk hingga jajanan di warung-warung tenda. Geliat ekonomi warga pun meningkat seiring dengan semakin tingginya kunjungan wisata di Bukit Pamoyanan di Kawungluwuk, Tanjungsiang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41284.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES