Peristiwa Nasional

Survei Stratakindo Prediksi Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah Menang di Pilgubsu

Rabu, 13 Juni 2018 - 00:02 | 35.23k
Pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Eramas). (FOTO: Drs. H. Musa Rajekshah, M.Hum)
Pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Eramas). (FOTO: Drs. H. Musa Rajekshah, M.Hum)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Lembaga Survei Strategi Taktik Indonesia (stratakindo) memprediksi Pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Eramas) akan menang dalam Pilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2018.

Hal tersebut berdasarkan hasil survei yang dirilis lembaganya dimana elektabilitas pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah mencapai 46,77 persen, sementara pasangan Djarot Syaiful Hidayat-Sihar Sitorus mencapai 37,22 persen.

Adapun yang menyatakan rahasia, tidak tahu, tidak menjawab sebanyak 16,01 persen.

Direktur Stratakindo, Oktarina Soebardjo mengatakan hasil survei tersebut, kemungkinan tidak akan berubah, mengingat sisa waktu menuju hari pencoblosan sudah mepet.

“Ini hasil suvei terakhir jelang pencoblosan. Masa lebaran yang juga merupakan cuti nasional dan libur nasional pasti tidak bisa dimanfaatkan secara efektif untuk mendulang suara. Jadi kami memprediksi pilgubsu ini akan dimenangkan pasangan Eramas,” ujarnya saat memaparkan hasil survei di Medan, Sumut, Rabu (12/6/2018).

Oktarina juga mengungkapkan pasangan Eramas unggul di daerah-daerah padat seperti Medan, Deli Serdang, Langkat dan Asahan. Sementara Pasangan Djarot-Sihar mendapatkan dukungan solid dari kalangan pemilih non muslim. 

Secara umum, kata dia, rakyat Sumut menghendaki perubahan dan perbaikan di bidang ekonomi dan infrastruktur.

Selain itu, responden juga menghendaki Sumut dipimpin oleh pemimpin dengan karakter yang tegas, bersih, anti korupsi dan agamis.

Sekedar informasi, survei ini digelar sejak dari tanggal 2 Juni sampai tanggal 9 Juni 2018 dengan sampel sebanyak 800 responden berusia minimal 17 tahun atau memiliki hak pilih. 

Margin of error dalam survei Stratakindo Pilgubsu 2018 ini sendiri kurang lebih sekitar 3,46 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara tatap muka menggunakan kuesioner.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES