Peristiwa Daerah

Mudik Lebaran 2018, Polres Lamongan Tes Urine Sopir Bus

Selasa, 12 Juni 2018 - 17:38 | 58.43k
Petugas melakukan tes urine ke para sopir bus yang melintas di wilayah Kabupaten Lamongan, Selasa, (12/6/2018). (FOTO: Ardiyanto/TIMES Indonesia)
Petugas melakukan tes urine ke para sopir bus yang melintas di wilayah Kabupaten Lamongan, Selasa, (12/6/2018). (FOTO: Ardiyanto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Antisipasi kecelakaan saat mudik Lebaran 2018, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lamongan, Jawa Timur, secara mendadak melakukan tes urine kepada puluhan sopir bus, di Terminal Lamongan, Jalan Jaksa Agung Suprapto.

Sebagai langkah antisipasi mencegah kecelakaan lalu lintas, para sopir satu persatu diperiksa urine-nya. “Untuk pemeriksaan urine sudah dilakukan,” kata Kasat Lantas Polres Lamongan AKP Argya Satrya Bhawana, Selasa, (12/6/2018).

cek-urin-supir-bus-2.jpg

Pemeriksaan yang dilakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah ini, terkait dengan upaya deteksi dini penyalahgunaan narkoba dan sejenisnya.

Menurutnya, dalam pemeriksaan tes urine itu, tidak ada temuan apapun. Semua sopir dinyatakan tidak ada yang menggunakan zat obat terlarang. “Dan tidak ada temuan, seluruhnya dalam keadaan negatif atau normal,” ucap Argya.

Pemeriksaan tes urine dan kesehatan, yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lamongan ini, sambung Argya, para sopir juga diperiksa kesehatannya.

cek-urin-supir-bus-3.jpg

“Ada beberapa yang memiliki tensi tinggi, dan beberapa mungkin kelelahan, dan sudah kita berikan obat secara gratis,” ujarnya.

Tak hanya menjalankan tes urine ke para sopir, kegiatan yang juga bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lamongan, ini juga memeriksa armada bus yang digunakan sebagai angkutan lebaran.

Pengecekan itu dilakukan mulai dari fisik dan kondisi terbaru armada bus. “Pengecekan yang paling mendasar yakni mengenai lampu, alur ban, kemudian alat kelengkapan keselamatan, termasuk alat pecah kaca dan seterusnya,” kata Kadishub Lamongan, Ahmad Fariq.

Fariq pun menegaskan, bus-bus yang menjadi angkutan mudik lebaran 2018 tahun ini, kesemuanya laik jalan. “Secara regional, pemerintah provinsi sudah melakukan rem cek, jadi itu sudah disortir, jadi yang hari ini yang ada di jalanan itu sudah laik jalan,” ujarnya.

Kerjasama antara Polres Lamongan dan Dishub Lamongan muilai dari tes urine sampai ke pengecekan fisik kendaraan ini adalah bentuk antisipasi untuk mengurangi kecelakaan saat mudik Lebaran 2018.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES