Peristiwa Daerah

Relawan Yakin, Gus ipul-Mbak Puti Mampu Sejahterakan Wong Cilik

Selasa, 12 Juni 2018 - 17:17 | 38.94k
Petani di Desa Sidorejo, Saradan, Kabupaten Madiun menunjukkan dukungan untuk pasangan Gus Ipul-Mbak Puti. (FOTO: Pamula Yohar/TIMES Indonesia)
Petani di Desa Sidorejo, Saradan, Kabupaten Madiun menunjukkan dukungan untuk pasangan Gus Ipul-Mbak Puti. (FOTO: Pamula Yohar/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Relawan Gus Ipul dan Mbak Puti yakin, pasangan ini akan berpihak pada wong cilik dan mampu memperjuangkan dan sejahterakan nasib mereka.

Masyarakat menengah ke bawah menjadi golongan yang paling merasakan dampak menurunnya kondisi perekonomian saat ini. Inflasi menyebabkan harga kebutuhan pokok terkerek. Sehingga daya beli masyarakat semakin melemah.

"Dengan pendapatan yang tidak menentu, mencukupi kebutuhan sehari-hari saja terasa berat," ujar Wandi, tukang becak yang biasa mangkal di Caruban, Kabupaten Madiun, Minggu (10/6). 

Dengan rata-rata pendapatan Rp 20 ribu per hari, hanya cukup untuk membeli 1 kilogram beras dan lauk-pauk ala kadarnya. Sementara untuk biaya pendidikan anak dan kebutuhan tambahan lainnya nyaris sulit tercukupi. "Kalau bisa biaya pendidikan untuk anak-anak kurang mampu bisa sepenuhnya gratis," harapnya. 

Begitu pula nasib  kalangan menengah ke bawah yang bermatapencaharian sebagai petani. Sebagai ujung tombak sektior agraris, kesejahteraan petani belum sepenuhnya terjamin. "Biaya tanam tiap tahun selalu naik. Sementara harga gabah saat panen tidak menentu," ungkap Mahmin, petani asal Desa Sukorejo, Saradan.

Baik Wandi maupun Mahmin berharap pemerintah lebih memperhatikan nasib mereka. Kesejahteraan yang merata bagi semua kalangan sangat diharapkan. "Kami akan mendukung calon pemimpin yang peduli dengan nasib petani dan wong cilik," tegas Mahmin.

Memperjuangkan nasib rakyat kecil menjadi salah satu komitmen pasangan H Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno (Gus Ipul-Mbak Puti). Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jatim tersebut akan memprioritaskan program dan kebijakan yang berpihak pada masyarakat kurang mampu. "Sebagai daerah agraris, petani menjadi ujung tombak. Jadi nomor satu adalah memperhatikan aspirasi petani," ujar Yanto, koordinator relawan Gus Ipul-Mbak Puti Kabupaten Madiun.

Menurut Yanto, banyak petani dan warga miskin yang bekerja sebagai tukang becak, ojek serta pedagang kaki lima yang menyuarakan dukungan terhadap pasangan nomor urut 2 itu. "Mereka yakin Gus Ipul dan Mbak Puti berpihak pada wong cilik dan mampu sejahterakan nasib mereka," katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES