Politik Pilkada Serentak 2018

Khofifah Janji Benahi Pasar Tradisional di Jawa Timur

Senin, 11 Juni 2018 - 05:26 | 28.16k
Calon Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi pasar Mangga Dua Jagir Surabaya, Senin 11/6/2018 (FOTO: Nasrullah/TIMESIndonesia)
Calon Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi pasar Mangga Dua Jagir Surabaya, Senin 11/6/2018 (FOTO: Nasrullah/TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYACalon Gubernur Jawa Timur nomor urut 1, Khofifah Indar Parawansa akui lebih suka berbelanja di pasar tradisional, Ia menuturkan berbelanja dipasar tradisional dapat memberikan kesan mendalam bagi dirinya, sebab di pasar tradisional ia bisa bercengkrama dengan masyarakat.

Hal ini diungkapkan saat dirinya berkunjung di pasar Mangga Dua Jagir Surabaya, Senin, (11/6/2018) dini hari

Mantan Mensos RI ini juga mengungkapkan keinginannya untuk memperbaiki fasilitas pasar-pasar tradisional di Jawa Timur, ia mengungkapkan pasar tradisional mempunyai perputaran ekonomi yang relatif besar.

Untuk itu harus diimbangi dengan fasilitas yang memadai, misal dengan memperbaiki infrastruktur yang nantinya dapat menarik pembeli dari kalangan ekonomi atas agar mempunyai keinginan untuk berbelanja dipasar-pasar tradisional.

"Saya yakin perputaran ekonomi dipasar ini relatif besar, karena pembeli di sini membeli barang untuk dijual kembali, juga, untuk menarik masyarakat ekonomi atas berbelanja di pasar-pasar tradisional seperti ini infrastruktur harus juga dibenahi," ungkapnya.

Khofifah juga mengutarakan bahwa dalam setiap kunjungannya ke hampir seluruh daerah di Jawa Timur tidak menemukan bank penyedia KUR yang berada di tengah-tengah pasar. Ia menginginkan agar nantinya akan ada bank penyedia KUR di tengah-tengah pasar-pasar tradisional. Ini ia rencanakan sebagai bentuk real dukungan modal dari pemerintah untuk memajukan usaha masyarakat.

"Saya ingin nantinya pemerintah memberikan bantuan modal pada para pedagang dengan meletakkan bank penyalur KUR yang interestnya 7 persen per tahun, sejauh ini saya tidak melihat ada bank penyedia KUR ditengah-tengah pasar tradisional," kata Khofifah.

Mantan aktivis perempuan ini juga mengungkapkan pentingnya menumbuhkan inovasi pembangunan pasar tradisional. Ia mencontohkan ketika pasar modern dapat berlari kencang sedangkan pasar tradisional tidak dapat pembenahan infrastuktur secara maksimal

"Inovasi pembangunan pasar-pasar tradisional itu penting, ketika pasar tradisional dapat berlari kencang kemudian pasar tradisional tidak dapat pembenahan secara maksimal," tambahnya

Di tempat terpisah, Samuna pedagang sayur di pasar Mangga Dua Jagir Surabaya ini mengungkapkan dukungannya pada Khofifah. Ia juga mendukung langkah Khofifah untuk memperbaiki pasar Jagir wonokromo ini agar terlihat lebih baik, dan ketika hujan tidak becek.

"Saya dari dulu udah suka ibu Khofifah, saya dukung yang terbaik buat ibu, Saya juga dukung kalau mau benerin pasar ini," ungkap pedagang asal Kabupatan Sampang Madura ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES