Gaya Hidup

Awas! Kebiasaan Tidur dengan Lampu Menyala Bisa Memicu Penyakit Ini, Lho

Minggu, 10 Juni 2018 - 04:16 | 20.59k
Tidur dengan lampu menyala (FOTO: Readersdigest)
Tidur dengan lampu menyala (FOTO: Readersdigest)

TIMESINDONESIA, JAKARTATidur dengan lampu menyala bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Kebiasaan tidur ini ternyata bisa menjadi penyebab munculnya diabetes tipe 2. Fakta mengejutkan ini terungkap dari sebuah penelitian terbaru.

Dilansir dari Daily Mail, penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat ini membuktikan fakta bahwa mereka yang tidur di dalam ruangan yang terang cenderung memiliki risiko lebih besar untuk terkena resistensi insulin, pemicu utama dari diabetes tipe 2.

Tidur dengan lampu menyala ternyata juga bisa mempengaruhi kondisi gula darah. Sebagai informasi, melatonin diproduksi oleh otak sebagai respon akan munculnya kegelapan dan mengendalikan siklus tidur dan bangun. Tanpa adanya melatonin yang cukup, maka kualitas tidur pun akan terganggu dengan signifikan.

Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 20 partisipan berbadan sehat dengan usia 18 hingga 40 tahun. Para partisipan dibagi menjadi dua kelompok dimana satu kelompok diminta untuk tidur 8 jam setiap hari di ruangan yang gelap dan kelompok lainnya tidur di ruangan yang terang. Para partisipan kemudian dicek pergerakan matanya saat tidur, akrivitas ototnya, detak jantung, dan kadar glikosa dalam darah.

Hasil dari penelitian ini adalah, mereka yang tidur dengan kondisi lampu menyala cenderung mengalami gangguan produksi hormon insulin dan melatonin dengan signifikan. Hal ini berpengaruh besar bagi kondisi kadar gula darah dan risiko terkena diabetes.

Dr. Ivy Cheung Mason dari Northwestern University yang merupakan pemimpin penelitian ini menyebutkan bahwa paparan cahaya saat tidur memberikan pengaruh buruk bagi sistem metabolisme tubuh, sayangnya, hal ini juga berperan dalam produksi insulin dalam tubuh. Jika kita kerap terpapar cahaya terang saat tidur, maka resistensi insulin akan meningkat sehingga risiko terkena diabetes tipe 2 juga ikut membesar.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita tidur di ruangan minim cahaya atau gelap agar bisa tidur nyenyak dan tidak mudah terkena diabetes. Yuk segera tinggalkan kebiasaan tidur dengan lampu menyala. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES