Peristiwa Daerah

Jelang Lebaran, Empat Orang Pemilik Home Industri Mercon Diamankan

Sabtu, 09 Juni 2018 - 12:51 | 20.90k
Empat tersangka pemilik home industri mercon saat digelar pres rilis di Mapolres Probolinggo Jawa Timur.(FOTO: Dicko W/TIMES Indonesia)
Empat tersangka pemilik home industri mercon saat digelar pres rilis di Mapolres Probolinggo Jawa Timur.(FOTO: Dicko W/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Empat orang pemilik home industri petasan (mercon) di wilayah hukum Polres Probolinggo Jawa Timur, berhasil diamankan Satreskrim Polres setempat. Mercon siap edar dan diledakan itu akan dijual dan disebar untuk perayaan lebaran 2018 ini.

Dari para tangan tersangka ini, Polisi mengamnkan ribuan mercon siap edar, serta ratusan selongsong mercon, puluhan kilogram bubuk mesiu bahan petasan, belerang dan sejumlah peralatan untuk membuat mercon.

Keempat pelaku yang rata-rata berasal dari Kabupaten Probolinggo, itu adalah Samsuri (40), Asim (50), keduanya warga Desa Sumberduren, Kecamatan Kruci./ Selanjutnya Susmsahri (45) warga Desa Gununggeni, Kecamatan Banyuanyar. Dan Abdul Aziz, warga Desa Sumberkerang, Kecamatan Gending.

Wakapolres Probolinggo Kompol Ali Rahmad mengatakan, empat orang asal Desa  dan Kecamatan berbeda tersebut, merupakan pemilik home industry mercon yang siap diedarkan penjualannya untuk lebaran.

“Empat orang ini kami amankan setelah kami mendapatkan laporan dari masyarakat. Akhirnya kami melakukan penyelidikan ke rumah masing-masing para pembuat petasan ini,” kata Ali Rahmad, Sabtu (9/6/2018).

Kini pihaknya tengah menyelidiki pemasaran petasan tersebut. Pasalnya, petasan sangatlah membahayakan, selama puasa hingga menjelang lebaran, permintaan petasan naik signifikan.

Untuk pertanggung jawabkan perbuatannya, keempatnya kini harus mendekam di sel tahanan Mapolres Probolinggo, mereka ternacam Undang-undang darurat nomer 12 tahun 1951 dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES