Gaya Hidup

Tips Memilih Camilan untuk Mudik saat Hamil

Sabtu, 09 Juni 2018 - 03:02 | 31.68k
ILUSTRASI Wanita Hamil. (FOTO: Mommyasia)
ILUSTRASI Wanita Hamil. (FOTO: Mommyasia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anda sedang hamil dan berencana untuk mudik Lebaran? Sebaiknya Anda melakukan persiapan ekstra. Selain kesehatan Anda dan kandungan, ada hal yang cukup penting untuk dipersiapkan, yaitu memilih camilan yang tepat saat diperjalanan. Apa saja camilan yang cocok dibawa mudik saat hamil?

Seperti yang kita ketahui, selama kehamilan, sebagian besar kebutuhan gizi tubuh ibu meningkat. Memilih camilan yang tepat saat mudik dapat dijadikan salah satu kunci memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil yang sedang tinggi.

Pemilihan camilan yang tepat, tidak hanya dapat mendukung asupan gizi ibu, namun juga mampu mendukung suasana perjalanan yang lebih nyaman. Makanan atau camilan yang tepat juga bisa membuat rasa mual atau muntah berkurang, hingga dapat menciptakan rasa tenang dan rileks selama perjalanan.

Perlu diingat bahwa camilan yang tidak boleh dipilih ibu hamil saat melakukan perjalanan yang tidak menimbulkan bau atau rasa menyengat, camilan dengan banyak minyak atau camilan yang terlalu manis dan atau asin.

Lalu, apa saja pilihan camilan untuk ibu hamil yang sebaiknya disiapkan ibu hamil? Dilansir dari Dokter Sehat, berikut camilan yang bisa dipersiapkan ibu hamil saat perjalanan mudik.

1.    Cokelat hitam

Cokelat utamanya cokelat jenis dark chocolate menjadi pilihan yang super tepat. Cokelat hitam bisa dikonsumsi langsung berupa batangan. Hal ini membuat cokelat memiliki beberapa keunggulan yaitu mudah dibawa, tidak menyebabkan mual muntah, rendah gula dan bisa meningkatkan rasa nyaman dalam tubuh ibu.

2.    Kacang-kacangan

Kacang-kacangan yang padat gizi, vitamin, mineral, dan serat, yang semuanya merupakan zat gizi penting untuk ibu hamil. Pemilihan kacang mengurangi rasa mual muntah selama perjalanan karena cenderung kering dan tidak berbau atau berasa yang menyengat.

3.    Minuman, air putih atau susu rendah lemak
Jangan lupa membawa bekal air minum. Pilihan minuman yang cocok dibawa ibu hamil saat mudik adalah air putih yang baik untuk menghidrasi tubuh.

Pilihan minuman lain yang padat gizi namun rendah gula adalah air kelapa muda. Selain itu, susu rendah lemak bisa dipilih, asalkan ibu hamil tidak merasa mual dan muntah selama perjalanan, ya.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang cocok dijadikan camilan saat perjalanan mudik Lebaran. Selain mempersiapkan bekal atau camilan, pastikan tubuh dalam kondisi fit. Mudik saat hamil harus lebih berhati-hati. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES