Peristiwa - Daerah

Gaet Pemilih Pemula, KPUD Gresik Gencar Sosialisasi ke Sekolah

Gaet Pemilih Pemula, KPUD Gresik Gencar Sosialisasi ke Sekolah Komisioner KPUD Gresik Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Humas dan Pengembangan Informasi, Makmun (Kiri) bersama siswi SMANU 1 Gresik saat sosialisasi soal kepemiluan (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)
Selasa, 17 April 2018 - 20:13

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Guna menggaet pemilih pemula untuk memilih dalam kontestasi Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) , Komisi Pemilihan Umum Daerah Gresik (KPUD Gresik) gencar melakukan sosialisasi ke sekolah di Kota Pudak.

Seperti yang terjadi pada Selasa (17/4/2018) siang, KPUD Gresik melakukan sosialisasi di SMA Nahdlatul Ulama (SMANU) 1 Gresik. 

Komisioner KPUD Gresik Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Humas dan Pengembangan Informasi, Makmun mengatakan KPUD mendatangi pemilih pemula di sekolah-sekolah merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan kesadaran berdemokrasi khususnya bagi kaum muda. 

Dirinya menjelaskan, gencarnya sosialisasi kepada pemilih pemula itu untuk menindaklanjuti survei pemetaan pemilih di Indonesia, yang menyebut jumlah pemilih rasional sekitar 40 persen. 

Yang kedua adalah pemilih galau atau belum menentukan pilihan sebanyak 40 persen, dan ketiga adalah pemilih Ideologis sebanyak 10 persen dan yang terakhir adalah pemilih apatis sebanyak 10 persen. 

"Kami mendorong sedemikian rupa agar Pemilu berikutnya sudah tidak ada lagi yang namanya Golput karena politik, mau tidak mau harus kita lalui, pemilu adalah instrumen kita berdemokrasi," katanya. 

Makmun membeberkan, kegiatan sosialisasi ini sebelumnya juga sudah dilakukan oleh KPUD. "Ini merupakan sekolah ketujuh yang kita datangi, sebelumnya kita laksanakan di SMAN 1 Gresik, SMAM, dan lain sebagainya," tambahnya. 

Fara Novita, siswa kelas 12, SMA NU 1 Gresik, mengaku senang dapat berpartisipasi dalam sosialisasi yang diadakan oleh KPUD Gresik. "Kegiatan semacam ini sangat mendukung sekali karena kita pertama kali nyobos dan ini merupakan pengalaman pertama".

Selain di SMANU 1 Gresik, KPUD Gresik juga menargetkan akan menyosialisasikan kepemiluan di 20 sekolah dalam dua bulan sebelum Pilgub Jatim berlangsung. (*)

Jurnalis : Akmalul Azmi
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Gresik

Komentar

Registration