Politik

Berharap Gus Ipul-Mbak Puti Beri Solusi Problem Petani

Jumat, 08 Juni 2018 - 20:57 | 29.38k
Relawan Gus Ipul - Mbak Puti berdialog dengan perwakilan petani di Ngawi. (FOTO: Pamula/TIMES Indonesia)
Relawan Gus Ipul - Mbak Puti berdialog dengan perwakilan petani di Ngawi. (FOTO: Pamula/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, NGAWI – Program pemerintah di bidang pertanian, dikritisi kalangan petani. Bantuan yang digelontorkan selama ini, dinilai banyak yang salah sasaran. Petani berharap, pasangan Gus Ipul-Mbak Puti, jika terpilih nantinya mampu memberikan solusi.

"Bantuan yang  diberikan pemerintah selama ini kurang bermanfaat dan tidak bisa dimanfaatkan. Padahal menyerap anggaran miliaran rupiah," ujar Purnomo perwakilan kelompok tani Desa Manguharjo, Kabupaten Ngawi, Jumat (8/6).

Purnomo mengaku sering memberi masukan saat pertemuan dengan pejabat-pejabat terkait, agar program untuk kesejahteraan petani dengan anggaran pertanian yang begitu besar tidak digunakan untuk subsidi biaya produksi.

"Sebaiknua bantuan diberikan untuk biaya hasil produksi. Karena untuk produksi seperti beli pupuk dan alat petani sudah mampu membeli," katanya. 

Murtono, perwakilan kelompok tani dari Kwadungan juga berharap agar bantuan bantuan dari pemerintah itu tepat sasaran dan transparan.

"Bantuan alat pertanian sampai sekarang tidak tahu kemana tempatnya menyimpan dan diberikan pada siapa," ungkapnya.

Uneg-uneg perwakilan petani tersebut terungkap saat silaturahim dengan tim relawan pasangan H Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno (Gus Ipul-Mbak di Dusun Depok RT 01/05 Desa Mangunharjo, Kecamatan/Kabupaten Ngawi.

Menyikapi hal itu, tim relawan menyatakan bahwa Gus Ipul-Mbak Puti berkomitmen memperjuangkan nasib petani.

"Gus Ipul bukan orang yang suka ingkar janji.  Saat jadi wagub Jatim  sudah terbukti Gus Ipul peduli terhadap petani. Program-programnya riil berpihak dan menyentuh petani," ujar Syaiful Arif, anggota tim relawan Gus Ipul-Mbak Puti wilayah Mataraman.

Karena itu, Syaiful mengajak petani tidak ragu-ragu lagi mendukung dan memilih pasangan Gus Ipul-Mbak Puti pada Pilgub Jatim 27 Juni nanti.

"Kalau petani kompak mendukung dan nanti Gus Ipul-Mbak Puti terpilih, maka pasti akan diperhatikan aspirasinya," katanya.

Syaiful juga menyatakan bahwa mungkin masih ada warga masyarakat yang apatis dengan pilkada. Bahkan tidak jarang mengharap imbalan materi jika ada ajakan mendukung calon tertentu.

"Kita tidak memberikan apa-apa. Yang dimiliki adalah program ya itu saja yang disampaikan ke masyakat," ujarnya.

Perlu diketahui, gerakan dukungan kepada pasangan Gus Ipul-Mbak Puti oleh petani terus bergulir tak bisa dibendung, mulai Madiun, Magetan, Ponorogo, Ngawi dan Pacitan. "Nanti kita juga sampaikan kepada Gus Ipul-Mbak Puti apa yang menjadi kebutuhan petani saat ini," tegas Syaiful. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES