Peristiwa - Nasional

Data Bocor, Facebook Indonesia Minta Maaf

Data Bocor, Facebook Indonesia Minta Maaf ILUSTRASI. (Foto: Dok. TIMES Indonesia)
Selasa, 17 April 2018 - 18:35

TIMESINDONESIA, JAKARTAFacebook Indonesia meminta maaf atas kasus kebocoran data kepada sekitar 1 juta lebih pengguna Facebook di Indonesia, Selasa (17/4/2018).

Menurut Kepala Kebijakan Publik Facebook untuk Indonesia Ruben Hattari kebocoran tersebut disebabkan sebuah aplikasi bernama "thisisyourdigitallife" yang dikembangkan akademisi di Cambridge University yaitu DR. Alexander Kogan dan menggunakan fitur Facebook Login yang tersedia secara umum.

Hal itu, lanjutnya, memungkinkan pengembang aplikasi pihak ketiga untuk meminta persetujuan dari pengguna facebook agar aplikasi mereka bisa mengakses kategori data tertentu yang dibagikan pengguna tersebut dengan teman facebook mereka.

Setelah Dr. Kogan mendapatkan data pengguna facebook, data tersebut kemudian diberikan ke Cambridge Analytica. 

Facebook, tegas Ruben, tegas melarang penggunaan dan pengiriman data yang dikumpulkan menggunakan cara ini untuk tujuan lain.

Facebook juga tidak memberikan izin atau menyetujui pemindahan data tersebut. Dan hal itu melanggar kebijakan platform Facebook.

Namun demikian, facebook bertanggung jawab atas bentuk pelanggaran atas kepercayaan dan kegagalan melindungi data penggunanya. "Kami mohon maaf atas kejadian tersebut," kata Ruben Hattari dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) Komisi I DPR, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (17/4/2018). (*)

Jurnalis :
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration