Kamis, 13 Desember 2018
Peristiwa

Ini Peta Jalur Mudik di Wilayah Lamongan

Ini Peta Jalur Mudik di Wilayah Lamongan Perlintasan Kereta Api double track di sebelah barat Terminal Lamongan, Jumat, (8/6/2018). (FOTO: Ardiyanto/TIMES Indonesia)
Jum'at, 08 Juni 2018 - 16:24

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Kepolisian Resort (Polres) Lamongan, Jawa Timur (Jatim) sudah memetakan sejumlah jalur di wilayah Kabupaten Lamongan yang rawan mengalami kemacetan. Berikut peta jalur mudik untuk di wilayah Lamongan.

“Ada beberapa titik rawan kemacetan yang menjadi fokus dari kami,” ucap  Kasatlantas Polres Lamongan, AKP Argya Satria Bhawana, di Mapolres Lamongan, Jum'at (8/6/2018).

Argya membeberkan, sejumlah jalan poros di Lamongan yang besar kemungkinan menjadi titik rawan akan kemacetan pada saat mudik Idul Fitri 1439 Hijriah.

map.jpg

“Seperti perlintasan palang pintu Kereta Api dan Pasar Babat, karena disitulah nantinya akan banyak kendaraan melintas," ujarnya.

Argya membeberkan, titik rawan kemacetan yang pertama di jalur perlintasan double track atau rel ganda yang ada di sebelah barat Terminal Lamongan dan perlintasan rel KA timur yang berada di dekat Stadion Surajaya Lamongan.

“Perlintasan rel kereta api di dua titik ini menyebabkan antrian, baik dari arah timur dan barat, karena terjadi pelambatan laju kendaraan. Akibatnya, rawan terjadi kemacetan kendaraan," tutur Argya.

Nah, untuk mengatasi kepadatan di dua perlintasan rel KA ini, lanjut Argya, pihaknya sudah menyiapkan jalur alternatif dan juga memasang rambu-rambu lalulintas bagi kendaraan bermotor yang akan melintas.

"Untuk dua titik itu, sudah disiapkan jalur alternatif dan rambu terpasang bagi pengguna kendaraan," ujar Argya.

Lebih jauh, Argya menguraikan, untuk titik rawan kemacetan, ada di seputar Pasar Babat. Penyebabnya, banyak warga yang parkir di sisi kanan dan kiri jalan depan pasar.

map-2.jpg

Tak hanya itu, sambung Argya, di sekitar Pasar Babat, juga terdapat perlintasan Kereta Api serta bundaran Tugu Wingko Babat, yang menjadi pertemuan kendaraan dari arah Lamongan, Jombang, dan Bojonegoro.

"Di Pasar Babat, langkah yang kami tempuh, dengan melakukan penempatan pos Pasar Babat dan juga menempatkan personel di sepanjang pasar untuk menghindari para pemudik yang parkir di kanan kiri jalan," ucapnya.

Bahkan, kata Argya, di sepanjang jalan di dekat Pasar Babat, petugas juga memasang barbel patah pembatas jalan. “Agar tidak ada crossing kendaraan yang menyebabkan kemacetan,” katanya.

Bagi Anda yang berencana mudik Lebaran atau yang melintas di wilayah Lamongan, sebaiknya mentaati rambu-rambu Lalulintas, memperhatikan jalur poros di Lamongan dan mematuhi himbauan, petugas Kepolisian.

"Pesan kami, siapkan fisik pengemudi dan apabila lelah silahkan beristirahat di pos-pos yang sudah disediakan atau di kantong-kantong parkir yang telah disediakan. Untuk mempermudah, kami menyiapkan peta mudik khusus wilayah Lamongan," tuturnya. (*)

Jurnalis : Ardiyanto
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration