Peristiwa - Daerah

Begini Cara Wali Kota Probolinggo Bersedekah untuk Yatim Piatu

Begini Cara Wali Kota Probolinggo Bersedekah untuk Yatim Piatu Wali Kota Rukmini (kiri), tengah memilih baju untuk anak yatim piatu. (FOTO: Happy L./ TIMES Indonesia)
Jum'at, 08 Juni 2018 - 12:00

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGOWali Kota Probolinggo, Rukmini Buchori, punya cara tersendiri untuk bersedekah pada anak yatim piatu. Yakni menggandeng Badan Amil Zakat (BAZNAS) setempat dan menjadi orang tua asuh sehari atau OASE.

Secara tekhnis, ada sekitar seratus anak yatim piatu, yang mendapat sedekah dari sekitar 57 orang tua asuh. Selama sehari, para orang tua asuh, termasuk wali kota sendiri, bertanggung jawab menemani anak yatim berbelanja.

Jangan salah sangka dahulu, belanja yang dilakukan bukan untuk hura-hura. Melainkan memberikan kesempatan pada anak yatim piatu, untuk berbelanja kebutuhan primer. Seperti baju, keperluan lebaran dan keperluan sekolah. Otomatis, setiap orang tua asuh, bisa mendampingi satu hingga dua anak.

“Setiap anak menerima uang saku sebesar Rp. 300.000 dari Baznas Kota Probolinggo. Kegiatan ini, Baznas Kota Probolinggo mendapatkan bantuan dari Baznas Provinsi Jawa Timur,” kata Wali Kota Rukmini, Jumat (8/6/2018).

Setiap anak bebas untuk memilih barang yang diinginkan. Sebelum berbelanja anak-anak dinasehati agar tidak membelikan uangnya untuk membeli makanan atau minuman.

“Para orang tua asuh mengingatkan untuk membelikan barang yang dibutuhkan terlebih dahulu, bisa keperluan lebaran maupun keperluan sekolah misalnya tas dan sepatu,” ujarnya Rukmini.

Sebelum ketempat pembelanjaan di Graha Mulia Toserba Kota Probolinggo, anak-anak menaiki kereta kelinci menuju lokasi belanja. Setelah tiba di lokasi, wajah ceria terlihat jelas dari anak-anak itu. Mereka yang didampingi oleh orang tua asuh langsung menuju ke lantai dua.

Salah satu anak yatim piatu, M Ikli Marzuqi sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan ini. “Sangat bermanfaat sekali, bisa beli sepatu, tas dan sendal,” ujarnya, lugu.

Tak hanya itu, pihak BAZNAS dan Pemkot Probolinggo juga membagikan 1100 paket sembako untuk kaum Duafa. Tersebar di Kecamatan Mayangan dan Kanigaran.

“Dengan cara semacam ini, diharapkan bisa turut membantu meringankan beban anak yatim piatu dan kaum duafa. Terutama mendekati lebaran 2018 mendatang, yang tinggal menghitung hari saja,” kata Ketua BAZNAS, Hasan. (*)

Jurnalis : Happy L. Tuansyah
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration