Indonesia Positif

Melalui Diklat Tematik Optimalisasi Alsintan, BBPP Batu Cetak 35 Operator Traktor

Jumat, 08 Juni 2018 - 10:33 | 41.31k
Diklat Tematik Optimalisasi Alsintan yang dilaksanakan di Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan, Selasa-Kamis (5/7-6/2018). (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Diklat Tematik Optimalisasi Alsintan yang dilaksanakan di Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan, Selasa-Kamis (5/7-6/2018). (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATUBBPP Batu Jawa Timur bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kab Pekalongan menggelar Diklat Tematik Optimalisasi Alsintan yang dilaksanakan di Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan, Selasa-Kamis (5/7-6/2018).

Dalam penyampaiannya BBPP Batu menggunakan kurikulum 30% teori dan 70% praktik. Kurikulum itu dirasa efektif oleh 35 peserta diklat.

Diklat-Tematik.jpg

Pada hari pertama, peserta hanya selama 2 jam menerima teori selanjutnya langsung praktek pengenalan komponen alsintan. Selanjutnya di hari kedua peserta langsung praktik mengoperasikan traktor roda 4. 

Dalam praktik ini semua peserta diwajibkan dapat mengoperasikan Traktor roda 4 dengan menyelesaikan masing-masing 1 ha. 

Ajeng salah satu peserta diklat mengatakan pelatihan ini sangat penting dan bermanfaat, sebab dati tak bisa, kini semua peserta bisa  mengoperasikan traktor.

Sawah.jpg

"Sekarang sudah bisa, jadi nanti setelah ada bantuan traktor roda 4 di kelompok kami  sudah tidak ada alasan lagi alat tersebut nganggur karena alasan tidak ada operator," ungkapnya. 

Sementara itu Anjar Lesmana Kasie Non Aparatur berpesan agar setelah latihan ini peserta tetap harus berlatih dengan alat yang sudah ada agar lebih terampil. 

BBPP Batu dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kab Pekalongan berharap peserta diklat tematik optimalisasi alsintan dapat mejalankan traktor secara mandiri, sehingga mendapatkan hasil panen yang maksimal. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES