Peristiwa - Nasional

Meski Purnawirawan TNI Ikut Pilkada, Prajurit Harus Tetap Netral

Meski Purnawirawan TNI Ikut Pilkada, Prajurit Harus Tetap Netral Pengucapan sapta marga pada upacara bendera 17-an di Batalyon Komando 463 Paskhas, Selasa (17/4/2018). (FOTO: Pen Lanud Iswahjudi).
Selasa, 17 April 2018 - 15:27

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Komandan Batalyon Komando 463 Paskhas, Letkol Pas Sigit Sasongko mengatakan bahwa netralitas TNI harus tetap dipegang jelang perhelatan Pilkada Serentak 2018.

 “Keikutsertaan beberapa purnawirawan TNI dalam pilkada, tidak boleh memengaruhi netralitas prajurit TNI,” kata Sigit Sasongko saat membacakan sambutan tertulis Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P salam upacara bendera tujuh belasan di Batalyon Komando 463 Paskhas, Selasa (17/4/2018).

Pengucapan-sapta-marga-2.jpg

“Partisipasi para purnawirawan tersebut memang menunjukkan adanya penghargaan masyarakat terhadap purnawirawan, sekaligus wujud partisipasi aktif dalam politik setelah kembali ke tengah-tengah masyarakat. Namun partisipasi tersebut tidak boleh menyeret TNI kekancah politik praktis,” tambahnya.

Sigit juga menyampaikan pesan Panglima TNI, bahwa salah satu tantangan yang akan dihadapi TNI dalam waktu dekat adalah penyelenggaraan Pilkada Serentak di 171 daerah.

Pengucapan-sapta-marga-3.jpg

“Untuk itu Prajurit TNI harus menjaga netralitas, karena TNI adalah institusi strategis yang memiliki jangkauan sampai ke pelosok nusantara dan mendapat kepercayaan tinggi dari masyarakat," katanya.

Upacara bendera ini, diikuti oleh seluruh pejabat serta personel Lanud Iswahjudi dan Insub.

Bertindak selaku Irup Komandan Batalyon Komando 463 Paskhas, Letkol Pas Sigit Sasongko dan komandan upacara adalah Pasiops Batalyon Komando 463 Paskhas, Kapten Pas Basir Sudibyo. (*)

Jurnalis :
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration