Gaya Hidup

Yuk Periksa Kesehatan Sebelum Mudik, Penting Lho!

Yuk Periksa Kesehatan Sebelum Mudik, Penting Lho! ILUSTRASI Cek kesehatan. (FOTO: Istimewa)
Jum'at, 08 Juni 2018 - 05:34

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat mudik Lebaran, kebanyakan orang repot menyiapkan berbagai keperluan lebaran seperti kendaraan, tiket, baju baru, barang bawaan, bahkan oleh-oleh. Sayangnya, banyak yang melupakan pentingnya periksa kesehatan sebelum mudik. Sebenarnya ini sangatlah penting agar perjalanan ke kampung halaman menjadi nyaman dan bebas dari keluhan kesehatan.

Dilansir dari Klik Dokter, berdasarkan anjuran dr. Fiona Amelia, demi keselamatan bersama, pemeriksaan kesehatan sebelum mudik perlu dilakukan. Hal ini untuk mengetahui penyakit apa saja yang sudah diderita atau kemungkinan akan menyerang tubuh seseorang sejak dini. Kondisi tubuh yang tidak fit, disebut-sebut menjadi faktor utama penyebab kecelakaan di jalan saat mudik.

Kementerian Kesehatan akan menyediakan posko kesehatan di lokasi-lokasi yang dilalui jalur angkutan mudik Lebaran. Posko tersebut akan melayani pemeriksaan kesehatan pengemudi yang memiliki waktu tempuh lebih dari empat jam atau yang melalui rute padat serta rawan kemacetan.

Pemeriksaan kesehatan yang umum dilakukan bagi pengemudi kendaraan bermotor mencakup pengukuran tekanan darah, pengukuran kadar gula darah, deteksi kadar alkohol dalam darah, serta cek kadar amfetamin atau narkoba dalam urine.

Demi kelancaran mudik tahun ini, persiapkan diri Anda dan keluarga sebelum mudik. Sempatkan untuk periksa kesehatan sebelum mudik. Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan, khususnya bagi para pengemudi, diharapkan dapat menurunkan angka kecelakaan lalu lintas darat selama arus mudik Lebaran dan arus balik. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Tria Adha

Komentar

Registration