Jum'at, 21 September 2018
Gaya Hidup

Tips Mudik Menggunakan Motor Agar Aman di Perjalanan

Tips Mudik Menggunakan Motor Agar Aman di Perjalanan ILUSTRASI Arus Mudik Lebaran. (FOTO: Istimewa)
Jum'at, 08 Juni 2018 - 01:16

TIMESINDONESIA, JAKARTAMudik menggunakan motor sebenarnya bukan pilihan yang ideal. Pemerintah telah mengimbau agar masyarakat tidak mudik menggunakan sepeda motor. Sebab, terlalu banyak resikonya. Meski demikian, dari tahun ke tahun motor sering menjadi pilihan untuk mudik Lebaran. Mudik menggunakan motor dinilai lebih cepat dan mudah.

Jika Anda termasuk yang memilih mudik menggunakan motor sebaiknya persiapkan dengan baik. Berikut tips mudik menggunakan motor yang aman.

1. Cek Kondisi Motor
Pengecekan motor yang akan digunakan untuk mudik dalam kondisi prima sangat penting. Pengecekan ini meliputi pengecekan oli, rem depan dan rem belakang motor dengan cara melihat langsung kanvas rem, ban, dan bagian penting lainnya.

2. Siapkan Perlengkapan Berkendara Selalu gunakan helm berstandar SNI agar melindungi pengendara dan penumpang jika terjadi kecelakaan. Selain itu gunakan perlengkapan lain seperti masker, sarung tangan, jaket, dan sepatu.

3. Sediakan Bekal yang Cukup
Salah satu bekal yang paling penting untuk Anda bawa dalam jumlah banyak ialah air minum. Air minum akan membantu mengembalikan cairan yang hilang dari tubuh Anda. Konsumsi air minum yang cukup juga dapat membantu Anda mengatasi kantuk yang menyerang saat tengah berkendara.

4. Jangan Berlebihan Membawa Barang Bawaan
Bawa barang atau penumpang yang sesuai dengan kapasitas. Sepeda motor matic dan bebek memiliki batas beban seberat 150 kilogram, sedangkan motor sport 160 kilogram. Jangan sampai kelebihan kapasitas karena dapat mengganggu keseimbangan saat berkendara. Bahkan jika dipaksakan, mesin, ban, rantai dan shockbreaker motor bisa rusak.

5. Istirahat Secara Berkala
Tips mudik pakai motor berikutnya adalah perlu melakukan istirahat secara berkala ditengah perjalanan. Istirahat ini sebaiknya dilakukan setiap 2 atau 3 jam sekali supaya Anda tetap fit dan tidak cepat lelah. Istirahat berkala ini memang akan membuat waktu tempuh Anda menjadi lebih lama, tetapi percayalah bahwa pilihan ini jauh lebih baik daripada Anda harus menahan kelelahan di perjalanan dengan risiko kecelakaan yang tinggi.

6. Tetap Sabar, Tahan Emosi
Saat mudik menggunakan motor tentu volume kendaraan yang lewat akan meningkat tajam. Kemacetan pun akan sulit dihindari terutama jika Anda harus melewati daerah langganan macet. Kalau sudah begini hal paling dasar yang harus Anda lakukan adalah tetap bersabar dan berusaha menahan emosi. Bertindak dengan emosi hanya akan semakin menguras tenaga. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Tria Adha

Komentar

Registration