Peristiwa

Trotoar dan Median Jalan di Kota Batu Dipercantik

Trotoar dan Median Jalan di Kota Batu Dipercantik Beberapa pekerja sedang menanam tanaman hias di median Jalan, di depan Balai Kota Among Tani Kota Batu. (FOTO: Ferry/TIMES Indonesia)
Jum'at, 08 Juni 2018 - 00:02

TIMESINDONESIA, BATUMedian di beberapa ruas jalan utama di Kota Batu dipercantik. Pun dengan trotoar yang warnanya memudar kembali dicat.

Median jalan di sepanjang Jalan Panglima Sudirman mulai ditanami tanaman hias, seperti bunga Bakung Air Mancur (Hymenocallis sp.) dan Bromelia putih.  

Menurut keterangan Rudi Eko Prasetyo, pengawas kegiatan, bunga hias tersebut akan ditanam di median jalan hingga Jalan Trunojoyo, sepanjang 2 kilometer. Sedangkan pengecatan trotoar dilakukan mulai Jalan Patimura hingga Trunojoyo, Kota Batu.

"Untuk memperindah, diberi bunga hias, dan trotoar dicat warna warni," ujar Eko kepada TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id), Kamis (7/6/2018)

Dia menuturkan, penanaman bunga hias sudah dimulai sejak dua hari lalu. Sementara pengecatan trotoar, kata dia, sudah berjalan sekitar sebulan.

Ditargetkan, seluruh pekerjaan memperindah jalan ini selesai pada pekan depan, sebelum lebaran.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu, Arief As Sidiq, pengecatan dan penananam di jalan utama tersebut, merupakan awal program untuk mempercantik seluruh wilayah di Kota Batu.

Bahkan, kata Arief, dilakukan pula upaya mengembalikan fungsi trotoar atau pedestrian sebagai kawasan yang nyaman bagi pejalan kaki.

"Untuk taman, kita juga lakukan pemeliharaan secara berkelanjutan," ujarnya.

Upaya-upaya tersebut, lanjutnya, mengarah pada pembenahan dan penataan kota secara berkelanjutan.

Dia berharap, upaya pemkot memperindah median jalan dan trotoar ini, juga harus didukung oleh pera aktif masyarakat dalam merawat dan menjaga kebersihan lingkungan di Kota Batu. (*)

Jurnalis : Ferry Agusta Satrio
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration