Gaya Hidup

3 Tips Mengatasi Gangguan Tidur yang Sering Terjadi

3 Tips Mengatasi Gangguan Tidur yang Sering Terjadi Gangguan tidur. (FOTO: I Care Indonesia)
Selasa, 17 April 2018 - 04:05

TIMESINDONESIA, JAKARTAGangguan fisik saat tidur seperti sakit pada bagian punggung, leher, atau bagian tubuh lainnya tentu amat mengganggu. Jika kondisi ini terjadi secara terus-menerus, tak heran kalau kualitas tidur Anda menjadi taruhannya. Lalu, bagaimana cara mengatasi gangguan tidur? Dilansir dari Prevention, berikut solusinya.

1. Memilih bantal yang tepat
Busa bantal yang melengkung serta fleksibel mengikuti lekuk tubuh dapat mendukung leher Anda dan menjaganya agar tetap lurus. Ketika pemilihan dan penggunaan bantal dilakukan dengan benar, maka akan meminimalkan rasa sakit yang kerap terjadi pada leher.

Terkadang, tubuh juga bisa terasa pegal saat Anda bersin-bersin menjelang tidur. Penting untuk Anda ketahui bahwa bantal berbahan lateks dapat meminimalkan alergi dan menangkal hinggapan binatang-binatang kecil seperti tungau, yang disinyalir sebagai dalang di balik bersin-bersin yang Anda alami sebelum tidur.

2. Pilih kasur yang nyaman
Setelah membahas mengenai bantal yang tepat, kini saatnya beralih pada persoalan krusial lainnya: kasur. Ya, benda ini adalah yang paling berdekatan urusannya dengan tubuh kita. Salah pilih kasur juga bisa berdampak pada kesehatan.

Pilihlah kasur yang pas, dalam arti tidak terlalu empuk dan tidak terlalu keras, sehingga akan menjaga tulang belakang, kepala, leher, dan bahu Anda dalam performa yang stabil. Sama halnya dengan kondisi bersin-bersin sebelum tidur, pilihlah kasur dengan bahan yang dapat meminimalkannya dari hinggapan tungau dan alergen lainnya.

3. Meditasi
Melakukan yoga atau pilates secara teratur mampu memperkuat otot-otot perut, punggung, hingga meningkatkan postur dan gerakan yang tepat. Secara singkat, meditasi dapat mengurangi ketegangan tubuh Anda.

Itulah cara mengatasi gangguan tidur yang bisa Anda lakukan. Gangguan fisik saat tidur memang wajar terjadi. Namun jika kondisi ini terjadi secara terus-menerus, tak heran kalau kualitas tidur Anda menjadi taruhannya. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration